Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018

The Effect of Profitability, Company Size, Assets Structure, and Business Risk on Capital Structure in the Food and Beverage Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2018 Period

  • Eiva Olifiyati Zahro UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Amalia Nuril Hidayati UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Muhammad Alhada Fuadilah Habib UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Risiko Bisnis, Struktur Modal

Abstract

Persaingan ekonomi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun mendorong para manajer perusahaan untuk dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Kualitas perusahaan ini dapat diidentifikasi salah satunya melalui variabel struktur modal. Jika struktur modal suatu perusahaan baik, perusahaan tersebut akan lebih mudah mendapatkan investor yang bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal, sehingga dalam pengambilan keputusan, perusahaan dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal tersebut. Hasil dari penelitian ini juga bisa digunakan sebagai indikator untuk mengetahui keseimbangan antara risk dan return perusahaan, sehingga para investor dapat melakukan pertimbangan sebelum berinvestasi pada sebuah perusahaan. Berdasarkan kerangka teoritis, variabel-variabel yang mempengaruhi struktur modal diantaranya adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur aktiva, dan risiko bisnis. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Data diambil dari laporan tahunan perusahaan yang telah dipublikasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan adalah 26 perusahaan, dan sampel yang digunakan berjumlah 12 perusahaan. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Berdasarkan hasil Fixed Effect Model (FEM), menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur aktiva, dan risiko bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Uji F menunjukkan bahwa variabel bebas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Dengan demikian berdasarkan hasil uji di atas, perusahaan perlu memperhatikan variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, risiko bisnis, dan struktur aktiva agar perusahaan memiliki struktur modal yang bagus dan dapat menarik bagi calon investor.

References

Afrida, N. (2014). Analisis Pengaruh Likuiditas dan Solvibilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi Kampus Palembang, 23-24.
Andriyani, L. (2006). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Skripsi Mahasiswa S1 UNS.
Brigham, Eungene, & Houston. (2001). Manajemen Keuangan (8nd ed.). Jakarta: Erlangga.
Desy. (2018). Struktur Modal Perusahaan. Pengertian faktor dan teori, 18-19.
Furaida, Y. A. (2010). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Perusahaan manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. unnes, 38-39. Retrieved November 4, 2020, from http://lib.unnes.ac.id/4165/1/8181.pdf,
Gitosudarmo, Indriyo, & Basri. (2001). Manajemen Keuangan Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.
Halim, A. (2001). Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat.
Handianto, B. (2010). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Telekomunikasi Indonesia. Jurnal Manajemen, 21-23.
Husnan, & Suad. (2000). Manajemen Keuanagan Teori dan Penerapan (keputusan jangka panjang). Yogyakarata: BPFP.
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2002). Standar Akuntansi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Joni, &. L. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 81-97.
Kartika, & Andi. (2009). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di BEI. Dinamika Keuangan dan , 105-123.
Margaretha, F., & Ramadhan, A. R. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 119-131.
Munawir. (2002). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Prabansari, Y., & Kusuma, H. (2005). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Go Public Di Bursa Efek Jakarta. Edisi Khusus on Finance, 5-6. Retrieved November 4, 2020, from https://journal.uii.ac.id/Sinergi/article/view/935,
Riadi, M. (2020, November 4). Kajian Pustaka. Retrieved from Kajian Pustaka Web site: https://www.kajianpustaka.com/2020/04/ukuran-perusahaan-pengertian-jenis-kriteria-dan-indikator.html.
Riyanto, & Bambang. (2001). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Seftianne. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 39-57.
Sheikh, Nadeem Ahmed, & Zongjun Wang. (2011). Determinant of Capital Structure An Empirical Study of Firms in Manufacturing Indusry of Pakistan. Managerial Financial, 117-118.
Syamsuddin, L. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tin. (2004). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal MULTIPLETE REGRESSION MODEL. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 30-40.
Weston, J., & dkk. (1991). Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Yusintha, P., & Suryandari, E. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal. Akuntansi dan Investasi, II, 181-182.
Published
2022-07-20
How to Cite
Eiva Olifiyati Zahro, Amalia Nuril Hidayati, & Muhammad Alhada Fuadilah Habib. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018: The Effect of Profitability, Company Size, Assets Structure, and Business Risk on Capital Structure in the Food and Beverage Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2018 Period. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 315-324. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2656
Section
Articles