Pengaruh Teman Sebaya Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lip Cream

The Influence of Peer Group and Social Media on Purchase Decision of Lip Cream Product

  • Azizah Ayu Ashari Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.
  • Tri Sudarwanto Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.
Keywords: Teman Sebaya, Media Sosial, Keputusan Pembelian, Kosmetik, Lip Cream

Abstract

Pada proses pengambilan keputusan akan ada berbagai faktor pendorong konsumen dalam pembelian, faktor teman sebaya dan media sosial menjadi bagian dari pendorong keputusan pembelian. Penelitian bertujuan untuk menjabarkan pengaruh teman sebaya dan media sosial terhadap keputusan pembelian pada produk lip cream. Populasi penelitian ini adalah masyarakat tulungagung pengguna produk lip cream. Adapun sampel berjumlah 100 responden, dimana sampel diambil dengan metode purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui Google form, yang kemudian data diolah dengan  program SPSS, untuk menganalisis uji regresi. Hasil penelitian pada uji parsial didapatkan ada pengaruh positif variabel teman sebaya  dan media sosial terhadap keputusan pembelian. Variabel  teman sebaya dan media sosial secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian dimana kedua variabel independen mampu mempengaruhi variabel keputusan pembelian dengan persentase 46,1% dan  53,9% dipengaruhi oleh faktor lain selainr variabel penelitian. 

 

References

Aisyah, M. (2015). Peer Group Effects on Moslem Consumer’s Decision To Purchase Halal Labeled Cosmetics. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 7(2), 165–180. https://doi.org/10.15408/aiq.v7i2.1682
Adev Natural Indonesia. (2020). Apa itu Grosir Kosmetik? Pusat Grosir Kosmetik Indonesia. adev.co.id. https://adev.co.id/bisnis/grosir-kosmetik/ diakses pada 21 Juni 2022

Anwar, R. N., & Aprillia, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Fashion Muslim Hijup Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 75–85. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.169
Asosiasi Digital Marketing Indonesia. 2022. Hasil Riset Penjualan Team Asosiasi Digital Marketing Indonesia periode Januari 2022. https://digimind.id/data-e-commerce-indonesia-asosiasi/
Astuti, R., & Malau, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Teman Sebaya (Peer Group) terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada wanita usia 20-35 di Kota Bandung. 7(July), 1–23.
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.10
Bisnis Indonesia. (2021). prospek Industri Kosmetik Kian Cantik. bisnisindonesia.id. https://bisnisindonesia.id/article/prospek-industri-kosmetik-kian-cantik diakses pada 14 Januari 2022
Christianti, A., & Remiasa, M. (2018). Analisa Pengaruh Kelompok Referensi, Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Asian King Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2), 485–494.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. In Essentials of Management for Healthcare Professionals. https://doi.org/10.4324/9781315099200-17
Krisdiantika Kumala Wardani, N. (2020). Pengaruh Kepercayaan, MotivasiI dan Kelompok Teman Sebaya “Peer Group” Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Warung Angkringan di Wilayah Ponorogo Kota). (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Lestari, T. A., Okianna, & Basri, M. (2021). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3), 1–8.
Maghvirah, N., & Nio, S. R. (2019). Kontribusi Konformitas Kelompok Teman Sebaya terhadap Keputusan Pembelian Geprek Bensu pada Remaja. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3), 1–12.
Markplus.inc. (2020). ZAP Beauty Index 2020 | 1. ZAP Beauty, 1–36.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056
Opoku, R. (2012). Young Saudi adults and peer group purchase influence: A preliminary investigation. Young Consumers, 13(2), 176–187. https://doi.org/10.1108/17473611211233549
Rachma, S., Hermani, A., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar Di Koter Martha Tilaar Pasar Swalayan ada Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 201–2011.
Riskyady, Y. faishal, & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181–1187. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108
Saputri, D. A., & Setyawati, H. A. (2020). Analisis Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Reference Group, Lifestyle dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 788–801. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i5.621
Sari, I. A., Hamiyati, H., & Rasha, R. (2019). Pengaruh Fungsi Peer Group Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Pencarian Informasi) Produk Kosmetik Pada Remaja Putri. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 6(01), 1–8. https://doi.org/10.21009/jkkp.061.01
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta
Viswanathan, V. (2013). A dual-system approach to understanding “ generation Y ” decision making. 6, 484–492. https://doi.org/10.1108/JCM-07-2013-0649
Wearesocial dan Hootsuite. (2022). Digital 2022 Global Overview Report. https://wearesocial-cn.s3.cn-north-1.amazonaws.com.cn/common/digital2021/digital-2021-global.pdf
Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275–290. http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.2950
Zhang, Omran, & C. (2017). Generation Y’s Positive and Negative eWOM: Use of Social Media and Mobile Technology. Applied Statistical Modeling and Data Analytics, v. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-803279-4.09987-9
Published
2022-07-20
How to Cite
Azizah Ayu Ashari, & Tri Sudarwanto. (2022). Pengaruh Teman Sebaya Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lip Cream : The Influence of Peer Group and Social Media on Purchase Decision of Lip Cream Product . Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 170-182. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2609
Section
Articles