Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Megaluh Jombang dalam Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19

Marketing Strategy of Megaluh Jombang Traditional Market Traders in Increasing Sales during the Covid-19 Pandemic

  • Ufitrotul Andriani Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia.
  • Amalia Nur Hidayati Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia.
  • Muhammad Alhada Fuadilah Habib Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia.
Keywords: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Pandemi Covid-19, Pasar Tradisional Megaluh

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai sektor ekonomi mengalami dampak negatif seperti penurunan penjualan dan penurunan produktivitas. Pasar Tradisional Megaluh merupakan sumber utama ekonomi masyarakat Desa Megaluh yang mengalami penurunan pendapatan yang signifikan sejak tahun 2020 hingga pertengahan tahun 2021. Untuk memulihkan volume penjualan, dibutuhkan strategi khusus terutama dibidang marketing. Berdasarkan teori marketing mix 7P, strategi yang bisa dilakukan adalah strategi 6P yaitu meningkatkan kualitas produk. Memberi penyesuain harga dengan promo, memberi desain tempat yang nyaman dan bersih, promosi sesame pedagang dan media sosial, meningkatkan SDM dengan memberikan penyuluhan usaha sukses untuk para pedagang, melakukan proses yang mumpuni dan dan pelayanan aman mulai dari penyediaan produk hingga penjualan. Riset ini dilakukan untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh Pasar Tradisional Megaluh dalam mengembalikan tingkat penjualannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Pasar Tradisional Megaluh berhasil meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi marketing mix yaitu: (1) Meningkatkan kualitas produk, (2) menyesuaikan harga dengan memberi promo, (3) mendesain tampat menjadi lebih bersih dan nyaman, (4)promosi lewat bantuan sesama pedagang dan juga media social, (5) memberikan penyuluhaan tentang bisnis kepada SDM yang tersedia di Pasar Tradisional Megaluh, (6) melakukan proses yang rinci dan tepat mulai dari menyediakan produk, meningkatkan kualitas produk hingga penjualan.

References

Alfin, A. (2021, Januari 8). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, I, 1547. Retrieved maret 28, 2022

Andi, W., Yusuf, F. E., SIsca, A. E., Revi, E., Yudiayanto, P. J., Moses, P. L., . . . Hendra. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis da Strategi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Aris Ariyanto, d. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (1 ed.). (H. Wijoyo, D. Sunarsi, & I. Indrawan, Eds.) Solok: PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIR.

Dewi, N. P., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021, August). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan), 17, 06-13.

Dimas , w. h., zainul, a., & sunarti. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (studi pada batik diajeng solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 60.

Emilian, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N. N., Nurmahfidhoh, R., & Habib, M. A. (2021). Analisis Pemberdayaan UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam, 83-94.

Habib, M. A. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 106-134.

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, IV, 72-83. doi:10.34013

Mubarok, K., & Agustina, I. (2022). Strategi Sosial, Ekonomi, dan Budaya Pekerja Purna Migran Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Karangudi Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen). SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam, 106-122.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokoko dalam Manajemen Pemasaran (1 ed.). Bandung, Indonesia: Media Sains Indonesia.

Narto, & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 06, 48-54.

Nasruddin, & Yansari, R. Q. (2022). Pengaruh Penetapan PPKM Darurat pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Penurunan Pendapatan UMKM (Studi Kasus pada Pelaku Usaha di Desa Bandungsari, Sukodadi, Lamongan). SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial,, 01-28.

Nisa, K. K., Al-Usrah, C. R., & Saputra, Y. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadapa Perekonomian dan Perilaku Masyarakat di Sekitar Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Demak. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, II(1), 45-55. doi:10.21274

Rosmadi, M. L. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, IV.

Sulistyandari, Ekaningtyas, W., & Suci, I. (2017). Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “MIRASA†di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes. jurnal adimas, 1-10. Retrieved januari 19, 2022

Sunarsasi, & Nanang, H. r. (2020). STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN BLITAR (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi). jurnal translitera, 9, 23.

Widat, S., Awalina, D. N., & Mufidah, K. M. (2021). Analisis Kegiatan Pemeliharaan Mesin dan Pembangunan pada Pabrik Tahu untuk Meminimumkan Biaya Saat Pandemi Covid-19. JEPS: Journal of Economics and Policy Studies, 75-82.

Wilson, S., & Sugiono, S. (2014). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBLIAN TOYOTA AVANZA TYPE G DI SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, II, 02.

Published
2022-07-20
How to Cite
Andriani, U., Amalia Nur Hidayati, & Muhammad Alhada Fuadilah Habib. (2022). Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Megaluh Jombang dalam Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19: Marketing Strategy of Megaluh Jombang Traditional Market Traders in Increasing Sales during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 286-296. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2573
Section
Articles