Model Gerakan Ekonomi Muhammadiyah Pasca Muktamar ke 47
Muhammadiyah's Economic Movement Model Post-47th Congress
Abstract
Prestasi Muhammadiyah yang telah dibangun selama satu abad, sesungguhnya memiliki potensi kuat untuk terus terlibat dan survive dalam proses globalisasi ekonomi. Muhammadiyah dapat mengembangkan serta menumbuhkan gerakan ekonomi dengan potensi dari berbagai asset yang dimilikinya sebagai upaya untuk memberikan solusi untuk meningkatkan kemanfaatan yang lebih massif dalam aspek ekonomi.Karena itu, Muhammadiyah mempunyai syarat yang kuat bagi tersedianya instrumen pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini berusaha untuk mengkaji model gerakan ekonomi Muhammadiyah pasca muktamar ke 47 di Makasar pada tahun 2015. Di mana pada muktamar tersebut Muhammadiyah mengusung tiga pilar gerakan, yang salah satunya adalah gerakan ekonomi. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Muhammadiyah telah melakukan dua pendekatan yaitu Top Down dan Bottom Up sebagai upaya mencapai cita-cita gerakan ekonomi sebagai pilar ketiga gerakan Muhammadiyah.
References
Abdul Mu’in, J. (2017). Metode Islam Berkemajuan dalam Meningkatkan Produktivitas Amal Usaha Muhammadiyah. Sinar Sang Surya, 11(1), 49–60.
Ahmad, G. (2015). Syariah Model Policy Cross Sectional Resources Management Muhammadiyah Charity Business in Developing Business. European Journal of Business and Management, 7(35), 189–195.
Alexander R. Arifianto. (2017). Islam with progress : Muhammadiyah and moderation in Islam. In RSIS Commentaries (No. 213). http://hdl.handle.net/10220/44024 Rights
Asnifati, N. (2009). Pemberdayaan Ekonomi†dalam Najib Hamid. In N. Hamid (Ed.), Memberi dan Mencerahkan (pp. 135–141). Hikmah Press.
Baidhawy, Z. (2015). The Muhammadiyah’s Promotion of Moderation. The American Journal of Islamic Social Sciences, 32(3), 69–91.
Boothroyd, P., & Davis, H. C. (1993). Community economic development: Three approaches. Journal of Planning Education and Research, 12(3), 230–240.
Elhady, A. (2017). Islamic Reform Movement In Indonesia : Role Of Muhammadiyah In Social Empowerment. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(8), 340–350. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i8/3234
Fatimah, F. (2018). Meningkatkan Kemampuan Anggota ‘Aisyiyah Dalam Pemberdayaan Potensi Ekonomi Daerah Untuk Meningkatkan Kemandirian Diri Dan Kemajuan Amal Usaha Muhammadiyah Di Balung Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 4(1), 65–76.
Haerisma, A. S. (2015). Pola Pemberdayaan Ekonomi Umat di Organisasi Masyarakat Muhammadiyah Kota Cirebon. Al Amwal, 7(2), 120–131.
Hakim, I. (2018). Muhammadiyah ’ s Framework on The Community Economic Empowerment. FALAH Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 106–118.
Hamid, A. (2017). Muhammadiyah and da’wah in social welfare. Toward Community, Environmental, and Sustainable Development, 6(6), 493–499.
Jinan, M. (2011). Dinamika Pembaruan Muhammadiyah: Tinjauan Pemikiran Keagamaan. Tajdida, 9(1), 1–16.
Nakamura, M. (2012). The Crescent Arises over the Banyan Tree: A Study of the Muhammadiyah Movement in a Central Javanese Town c. 1910-2010. ISEAS.
Nasri, I. (2021). Majelis Ekonomi. Suara Muhammadiyah Edisi Ke 03, 19.
Njoto-Feillard, G. (2014). Financing Muhammadiyah: ? Early Economic Endeavours of a Muslim Modernist Mass Organization in Indonesia (1920s-1960s). STUDIA ISLAMIKA, 21(1), 1–46.
Radjasa. (2016). Moslem Community in Borobudur Centtral Java Respose of Muhammadiyah Community to Economic Change from Agriculture to Tourism. International Journal of Education and Social Science, 3(12), 51–58.
Rahardjo, D. (2000). Format dan Strategi Pengembangan Ekonomi Muhammadiyah dalam melenium ke tiga. In Meretas jalan baru ekonomi Muhammadiyah (pp. 117–135). Tiara Wacana.
Rahman, H. (2017). Peran Organisasi Keagamaan Muhammadiyah Dalam Modernisasi Ekonomi Masyarakat Islam Di Kota Pekanbaru (Tahun 2017). JOM FISIP, 4(2), 1–15.
Rambe, R. (2018). Gerakan Ekonomi Islam Pada Era Pra Kemerdekaan. At-Tawassuth, 3(1), 529–553.
Setyawan, D. (2013). Analisis Hubungan Ijtihad Dan Tajdid Pemikiran Ekonomi Terhadap Perkembangan Usaha (Studi kasus Pada Amal Usaha Organisasi Masyarakat Muhammadiyah). Jurnal EKONOMI ISLAM, 2(1), 105–134.
Copyright (c) 2022 Jurnal Sinar Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.