Artikel Penerapan Bisnis Umkm Dan Manajemen Risiko Pada Home Laundry Taman Kota Batam
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen komunikasi pemasaran pada UMKM Home Laundry Taman Kota Batam sebagai strategi penguatan daya saing usaha di era digital. Metode yang digunakan berfokus pada observasi, analisis dokumen, serta pengkajian literatur mengenai strategi komunikasi pemasaran berbasis digital dan pelayanan personal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Home Laundry berhasil memadukan strategi promosi digital dengan pendekatan interpersonal yang menciptakan loyalitas pelanggan. Selain itu, penerapan manajemen risiko dan inovasi teknologi turut memperkuat efisiensi serta citra profesional usaha. Penelitian ini menegaskan bahwa manajemen komunikasi pemasaran yang terintegrasi dapat menjadi landasan utama dalam pengembangan UMKM yang berkelanjutan, adaptif, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.
ABSTRACT
This study aims to analyze the implementation of marketing communication management in the MSME Home Laundry Taman Kota Batam as a strategic effort to enhance competitiveness in the digital era. The method focuses on observation, document analysis, and literature review related to digital-based marketing communication and personalized service strategies. The findings indicate that Home Laundry successfully integrates digital promotion strategies with interpersonal approaches, fostering strong customer loyalty. Moreover, the implementation of risk management and technological innovation strengthens operational efficiency and professional image. This research highlights that integrated marketing communication management serves as a fundamental framework for developing sustainable, adaptive, and customer-oriented MSMEs capable of competing in modern market dynamics.
References
Abdullah Sanusi, Reni Yesi S, Ryan Saputra Alam, H. K. (2025). Pendampingan Manajemen Strategi Bisnis bagi UMKM Laundry di Tangerang Selatan Banten. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(2), 455–462. https://doi.org/10.54082/jamsi.1758
Ananda, R. R. (2025). Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk Usaha Laundry dengan Metode User Centered Design (UCD)
Aura Syahida Andryanti Natanegara, Luqman Nur Zaman, S. D. S. (2025). Membangun Sistem Manajemen Risiko untuk Menghadapi Tantangan Bisnis pada UMKM “Huisaeng Dimsum.” PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1b), 2026–2039. doi.org/10.62710/y99nvn74
Chania, M., Siska, S., Delfira, D., Hanoselina, Y., & Helmi, R. F. (2025). Digitalisasi dan Branding Usaha Laundry?: Pemberdayaan dan Penguatan UMKM Di Era Ekonomi Digital. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(5), 10635–10645. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/3643
Dr. Golan Hasan, S.E., M.Si, Jenny Lim, Nicholas Fernandes, Raymond, T. E. (2023). Analisa Penerapan Manajemen Hubungan Pelanggan Pada UMKM MM. Gemini di Kota Batam. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 747–752. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12506
Dr.Golan Hasan, S.E., M.Si., Benny, S.E., Dian Sabrina Syaharni, Erika Gustian Fauzi, Lydia Then, Salsabilah Sirait, V. F. (2023). Analisis Manajemen Operasional, Customer Relationship Management, dan Digital Marketing Pada PT.Indofood Sukses Makmur, Tbk. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 724–737. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i4.370
Faradillah. (2024). Analisis dan Evaluasi Manajemen Risiko Pada Usaha Laundry Rumahan Menggunakan Metode Likelihood dan Consequence Risk Matriks. Industrial Engineering Journal - System, 02(2), 54–66. https://doi.org/10.33506/system.v2i02.3579
Golan Hasan, Benny, Liana Ester, Elvina Enjelica, Fionna, Fandion Melsen, R. I. I. (2023). Analisa Pemasaran Digital, Manajemen Operasional dan Manajemen Hubungan Pelanggan PT. Panasonic Manufacturing Indonesia. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 575–585. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12505
Golan Hasan, Fitri, Ria Bintan Napitupulu, Muhammad Rizky, V. L. I. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Alcofee Co-Working Space. Jurnal Mirai Manajemen, 12(1), 185–194. doi: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1768
Hasan, G., Br Sembiring, A. W., Hamidah, R. N., Estefania, E., & Noorliana, E. (2022). Penerapan Sistem ERP pada UMKM Zevenstore Di Kota Batam. Jesya, 5(2), 2025–2037. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.784
Indah Rini Purnaningtias, Bryan Pratama Ramadhan, Juria Angraini, Try Audyta Rezky Rahmadani, H. L. R. (2022). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM pada UMKM Laundry Id di Kota Tanjungpinang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 8(4), 11–19. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.352
Jeremia Hutabarat, Fahmi Ramadhan Siregar, Andhika Dharmawan, Abdiel Junifer T Silalahi, Alif Manggali Abipraya, Arobi, Adyatma Nararya, A. V. (2025). Dari Konvensional ke Berkelanjutan: Evolusi Comfy Laundry Menjadi Pelaku Usaha Hijau. Indonesia Economic Jurnal, 1(2), 635–664. doi.org/10.63822/h07dze13
Lady, N. T. W. (2025). Strategi Optimalisasi Digital Marketing pada UMKM Kinta Laundry. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 194. https://doi.org/10.35931/ak.v5i1.4728
Moh Hamzah, Ririn Filda Yanti Ningsih, Usasilah Faria Z.A, Milin Umroatul Ummah, L. F. (2023). Peran Transformasi Digital dan Tantangan Inovasi Terhadap Keberlanjutan UMKM di Indonesia (Studi Literature Review). Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Logistik (JUMATI), II(1), 300–313. https://doi.org/10.62387/hatta.v1i2.53
Rizky Zachi Afriandi, Angelina Laia, Evelyna Faiqah Zahra, & Vivi Nila Sari. (2025). Strategi Penerapan Manajemen Mutu, Pengelolaan Risiko, dan Penetapan Harga untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada UMKM Roemah Laundry. Jurnal Rimba?: Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 115–124. https://doi.org/10.61132/rimba.v3i3.2011
Suharto, T. S. U. (2025). Analisis Integratif Design Thinking dan Artificial Intelligence dalam Mendorong Inovasi UMKM di Indonesia. Bit-Tech, 7(3). https://doi.org/10.32877/bt.v7i3.2333
Suprapto, Y, L. (2023). Penerapan Digital Marketing pada UMKM Artsya Laundry di Kota Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat …, 4(4), 4978–4985. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2333%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/2333/1569






