Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Canva Interaktif Terintegrasi Dengan Wordwall Pada Materi Diagram Gambar Sekolah Dasar Kelas 1

  • Exsa Evelin Tampubolon PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurani Laraswati PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rati Zulkifli PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Alisya Rizky Ramadani Putri Sopyan PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alfiana Nurussama PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran; Canva; Interaktif; Matematika; Diagram Gambar;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a) menguji validitas media pembelajaran matematika berbasis Canva interaktif berbantuan Wordwall pada materi diagram gambar menurut para ahli dan media; b) menguji tingkat kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis Canva interaktif berbantuan Wordwall menurut siswa sebagai pengguna. Subjek penelitian ini adalah 25 orang siswa-siswi kelas 1 SDN 9 Nagrikaler Purwakarta yang belajar materi diagram gambar. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar kepraktisan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil uji kevalidan media pembelajaran menunjukkan bahwa penilaian oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 89,52% dan penilaian oleh ahli media sebesar 95,45%, dengan rata-rata kevalidan 92,49% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, sehingga media pembelajaran layak digunakan dengan revisi. Uji kepraktisan oleh siswa pengguna media pembelajaran diperoleh bahwa media pembelajaran matematika berbasis Canva interaktif dengan integrasi Wordwall termasuk dalam kriteria praktis. Media pembelajaran ini berdampak positif terhadap keterlibatan siswa dan pemahaman konsep diagram gambar pada siswa kelas I sekolah dasar.

References

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal TEKNODIK, 101.
Artha, I. M., & Putra, D. B., (2021). Pengembangan Media Audio Visual Dengan Model Analysis Design Development Implementation Evaluation Pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 2 Pejeng Tahun Ajaran 2020/2021
Br Ginting, B. W., & Siregar, N. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan minat belajar siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 391–404. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.351
Hudayanti, D. V. F. T. (2022). Pemanfaatan canva sebagai modul digital interaktif matematika untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 853-859.
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146.
Kamila, Z., & Kowiyah. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada materi pecahan untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663
Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1(2), 29–35.
Nurhayati, I., & Amin, S. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran matematika materi penyajian data. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 1–12.
Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1).
Pratama, I. A., Dewi, S. R., & Wulandari, T. (2023). Pengembangan e-modul interaktif berbasis Canva pada materi statistik untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 45–56.
Puspitasari, M., Nurwahidin, M., & Herpratiwi. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMKN 1 Bandar Lampung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 711–722. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i2.3978
Samosir, O. M. R., Putri, R. A., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Penggunaan media interaktif berbantuan Canva dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif. https://doi.org/10.9000/jpt.v4i3.2111
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1)
Wibowo, S., & Lestari, R. D. (2022). Implementasi model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(3), 201–210.
Published
2025-12-26