Strategi Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah dalam Membina dan Meningkatkan Kualitas Santri di Desa Iloheluma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo

The Strategies of Wahdah Islamiyahboarding School in Developing and Increasing Students’ Quality in Iloheluma Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency, Gorontalo Province

  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Jamilah Jamilah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Strategi, Pembinaan, Kualitas Santri, Pondok Pesantren

Abstract

Latar Belakang: Pondok pesantren pada dasarnya memiliki fungsi meningkatkan kecerdasan bangsa, baik ilmu pengetahuan, keterampilan maupun moral. Namun fungsi kontrol moral dan pengetahuan agamalah yang selama ini melekat dengan sistem pendidikan pondok pesantren. Fungsi ini juga telah mengantarkan pondok pesantren menjadi institusi penting yang dilirik oleh semua kalangan masyarakat dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan derasnya arus informasi di era globalisasi.

Tujuan: Untuk Mengetahui Strategi Pembinaan Santri Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Dan untuk Mengetahui Implikasi Strategi Pembinaan Santri Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah Bone Bolango Provinsi Gorontalo.

Metode: Untuk mengungkap data yang akurat, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Adapun prosedur pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data yang diperoleh melalui buku-buku referensi.

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi halaqah tarbiyah, keteladanan, kedisiplinan dan tahsin atau memperbaiki bacaan Al-Qur’an.Memberikan dampak untuk meningkatkan kualitas akhlak santri dalam membentuk karakter yang menjadikan alumni hafidz dan hafidzah, berakidah yang benar dan berakhlak mulia dan mampu mengamalkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan dari Pondok Pesantren dalam segala aspek kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan: Strategi-strategi pembinaan yang dilakukan para Pengurus/Pembina di Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah Bone Bolango, terdiri dari strategi halaqah tarbiyah kegiatan rutin yang dilakukan pondok pesantren Wahdah Islamiyah Bone Bolango.

References

1. Zuhri KHS. Berangkat dari pesantren. LKIS PELANGI AKSARA; 2013.
2. Husin AF. Islam dan kesehatan. Islam J Stud Islam. 2014;1(2).
3. Noer ZZ. KONSEP DAKWAH BIL ḤIKMAH DALAM PERSPEKTIF HADIS. Holist al-Hadis. 2021;7(1):15–27.
4. Toni H. Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam. J Dakwah dan Komun. 2016;1(1).
5. Mukaddis M, Parakkasi I. STRATEGI PONDOK PESANTREN DALAM PERSIAPAN MEMASUKI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. J Iqtisaduna. 2017;3(2):174–86.
6. Said BA. Karakteristik dan Peranan Wahdah Islamiyah Dalam Penerapan Hukum Islam di Kota Makassar. Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2013.
7. Moleong LJ. Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya; 2021.
8. Mustofa Z, Kamaliah AB. STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PEMBALAJARAN DARING DI MTS AL-MUJADDADIYYAH. EL WAHDAH. 2021;2(1):53–65.
9. AISYAH S. PENERAPAN SISTEM HALAQAH DALAM KEGIATAN DAKWAH KAMPUS (Studi Kasus di LDK Ummul Fikroh UIN SMH Banten). Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten; 2018.
10. Supriyadi K. PEMBINAAN SIKAP ISTIQOMAH DAN DISIPLIN PADA SANTRI PENGBDIAN DI PODO PESANTREN AGRO NUUR EL FALAH SALATIGA TAHUN 2020. IAIN SALATIGA; 2021.
Published
2022-06-11
Section
Artikel Penelitian