ANALISIS KADAR TIMBAL PADA RAMBUT OPERATOR SPBU 74.941.03 KARTINI KOTA PALU

  • Ade Melinda Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Afni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Hamidah Hamidah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Paparan timah hitam atau timbal (Pb) berlebihan merupakan masalah penting di dunia, dan merupakan risiko kesehatan lingkungan utama yang dihadapi berbagai negara baik di negara maju maupun di negara berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kadar Timbal pada rambut dan hubungan masa kerja dan penggunaan APD pada Operator SPBU  74.941.03 Kartini Kota Palu.

jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, menggunakan pendekatan cross sectional dan uji statistik Chi-Square pada taraf kepercayaan 95% dengan metode observasional analitik peneliti melakukan analisis laboratorium untuk mengetahui Analisis Kadar Timbal pada rambut Operator SPBU 74.941.03 Kartini Kota Palu tahun 2019. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 sampel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara masa kerja dan kadar timbal dalam rambut operator SPBU Ï Value = 0.248, dan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara penggunaan APD dan kadar timbal dalam rambut operator SPBU Ï Value = 0.710. Hasil penelitian menunjukan bahwa operator SPBU positif telah terpapar timbal. Kadar timbal tertinggi yaitu 29,8 mL/g, sedangkan kadar timbal terendah 1,5 mL/g.

Penelitian ini menyarankan Bagi SPBU 74.941.03 Kartini Kota Palu agar ditingkatkan lagi penggunaan APD pada operatornya dan pemeriksaan kesehatan kepada operatornya secara berkala, agar kesehatan pekerja dapat selalu terjaga.

Kata kunci       : Kadar timbal, masa kerja, Operator SPBU.

References

Aldinosya, 2016. standar operasional prosedur operator spbu. standar operasional prosedur (sop) PT. Pertamina indonesia.

Arista Dini, Amrina Rosyada,dkk. 2018, analisi kadar timbal (Pb) dalam rambut dan hipertensi pada pekerja PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.

Al-Attar AM.2010 Antioxidant effect of vitamin E treatment on some heavy metals-induced renal and testicular injuries in male mice,

Darmono, 2016. Efek Timbal dalam Tubuh. Universitas Gadja Mada, Jogjakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Edwarsyah Dan Muhammad Iqbal. 2017, Kuantitas kandungan logam berat dan minyak solar di estuaria Krueng Cangkoi, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Program Studi Sumberdaya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar.

Fardiaz S. 2015, faktor yang mempengaruhi kadar timbal dalam tubuh Manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat . Vol 5 .

Irimawa Rustanti Dan Eni Mahawati. 2011, Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kadar Timbal (Pb) Dalam Darah Pada Sopir Angkutan Umum Jurusan Karang Ayu-Penggron Di Kota Semarang. Jurnal Visikes, vol 10.

Klopfleisch Brian, Adi Heru Sutomo, Susi Iravati, 2017. Kadar timbal dalam darah pada petugas stasiun pengisian bahan bakar. Universitas Gadjah Mada, BKM Journal of Community Medicine and Public Health.

Lippmann M, Schlesinger RB, 2015. Chemical contamination in the human environment: Oxford University Press New York.

Lian Dwi dan R. Azizah. 2017 Karateristik kadar timbal (Pb) dalam darah dan hipertensi pekerja home isndtry aki bekas di Desa Talun Kecamatan sukodadi kabupaten lamongan. Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Muliyadi, H.J Mukono,dkk. 2015, paparan timbal udara terhadap timbal darah, hemoglobin, cystatin c serum pekerja pengecetan mobil. Jurnal kesehatan masyarakat.

Mormontoy W, Gastanaga C,dkk. 2010. Blood lead levels among police officers in Lima and Callao, International Journal of Hygiene and Environmental Health.

Najmi Nur dkk. 2013, Kadar Timbal Dalam Darah Dan Keluhan Kesehatan Pada Operator Wanita SPBU. Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah jakarta.

Nataria Ator, 2017. hubungan antara umur, masa kerja dan lama kerja dengan kelelahan kerja pada pengemudi truk tangki di terminal bahan bakar binyak (BBM) PT. Pertamina (Persero) Bitung. Skripsi, Bitung, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.

Palar H, 2008. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Jakarta.

Puspita mayang, dkk. 2016, hubungan kadar timbal dengan pemakaian alat pelindung diri pada pekerja pengecetan industry karoseri. (e-Journal) Volume 4, Nomor 3, Bagian Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

Rohma Ana, 2015. Dampak Bahaya Keracunan Timbal Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Online Jurnal (https://Halosehat.com) 12 januari 2015.

Samsuar, M. Kanedi, dkk. 2017, Analisis Kadar Timbal (Pb) pada Rambut Pekerja Bengkel Tambal Ban Dan Ikan Mas Di Sepanjang Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung Secara Spektrofotometri Serapan Atom. Program Studi Farmasi UTB Lampung, jurnal kesehatan Program Studi Biologi MIPA Unila.

Sudarwin, 2008, Analisis Spasial Pencemaran Logam Berat (Pb dan Cd) pada Sedimen Aliran Sungai dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Jatibarang Semarang, Tesis diterbitkan, Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro, Semarang.

Suryani Dyah, 2013. Toksikologi Pb (Timbal). Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.

Sugiono. 2016, Standar Operasional Stasiun pengisian bahan bakar. Fakultas Ilmu Komunikasi Sriwijaya

Yustina Ardillah. 2016, Faktor Risiko Kandungan Timbal DiDalam Darah. Fakultas Kesehatan Masyarakat Sriwijaya, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2