HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN VULVA HYGIENE DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN DISMK MUHAMMADIYAH 1 PALU

  • Siti Pertiwi Aswin Saputri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Afni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sriwahyudin Moonti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

ABSTRAK

Pengetahuan pada hakikatnya merupakan apa yang diketahui tentang suatu objek tertentu dan setiap jenis pengetahuan mempunyai ciri–ciri spesifik mengenai apa (ontology), bagaimana (epistemology) dan untuk apa (aksiology) pengetahuan tersebut (Notoatmodjo, 2010). Dari adanya pengetahuan yang didapat oleh individu juga bisa berpengaruh dengan kebiasaan dalam melakukan tindakan. Kebiasaan terbentuk karena adanya pengetahuan, pengetahuan yang rendah bisa menyebabkan munculnya kebiasaan-kebiasaan buruk dalam melalukan Vulva Hygiene sehingga bisa menimbulkan keputihan atau pun infeksi lain pada organ genetalia. Begitu juga sebaliknya pengetahuan yang tinggi akan berpengaruh dengan kebiasaan yang baik dalam melakukan Vulva Hygiene. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan pengetahuan dan kebiasaan vulva hygiene dengan kejadian keputihan. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling yang berjumlah 58 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan pengetahuan dengan kejadian keputihan (Ï= 0.125>0.05), ada hubungan kebiasaan vulva hygiene dengan kejadian keputihan dengan nilai (Ï= 0.000<0.05). Peneliti menyarankan kepada institusi agar perlu memberikan informasi berupa sosialisasi dan dorongan kepada anak didiknya dan diperlukan penambahan pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah.

Kata Kunci         : Pengetahuan, Vulva Hygiene, Kejadian Keputihan

References

DAFTAR PUSTAKA

Ababa, M. 2003, Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita, Ercon, Jakarta

Abrori, 2016, Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Keputihan Patologis Siswi SMAN 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, Pontianak: Universitas Muhammadiyah Fakultas Kesehatan Masyarakat

Aulia, 2012, Serangan Penyakit-penyakit Khas Perempuan Paling Sering Terjadi. Yogjakarta: Buku Biru

Azizah, Noor, dkk, 2015, Karakteristik Remaja Putri Dengan Kejadian Keputihan di SMK Muhammadiyah Kudus, Kudus: STIKES Muhammadiyah.

Hidayat, A, Aziz, 2008, Keterampilan Dasar praktik Klinik Untuk Kebidanan, Jakarta: Salemba Medik

Kasdu, Dini. 2005. Solusi Problem Wanita Dewasa. Jakarta: Puspa Swara

Katharini, dkk. 2014. Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta; Trans Info Media.

Kumalasari, Intan. 2012. Kesehatan Reproduksi, Jakarta, Salemba Medika.

Kusmiran. Eny, 2012. Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita, Jakarta, Pnerbit Salemba Medika

Manuaba, IGB. 2007. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Ercon, Jakarta

Mubarak, IW, 2012, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta: Salemba Medika

Notoadtmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta

Rahmah, Nurfadilah, 2017, Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Personal Kebersihan Genital Terhadap Kejadian Keputihan Pada Santriwati SMA/MA Di PPM Rahmatul Asri Enrekang, Makassar, Universitas Hasanuddin.

Ramayanti, Anita, 2017, Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Keputihan Pada Remaja Putri Di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, Yogyakarta: Universita Aisyah

Sakung. J, Sudirman, 2015. Pedoman Penulisan dan Penilaian Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Palu.

Sarwono, S.W. 2013. Psikologi Remaja edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Sulistianingsih, R, dkk, 2011, Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Perempuan Usia Subur Tentang Keputihan Fisiologis Dan Patologis Di Lapas Perempuan Kelas IIA Kota Semarang, Laporan hasil penelitian. Malang: Fakultas ilmu keperawatan dan kesehatan Universitas Muhammadyah Semarang.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>