Faktor – faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Pegawai di Pusksmas Dolo

  • Indra Effendy Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Sudirman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rosnawati Rosnawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Kinerja pelayanan bidang kesehatan dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan menjadikannya lebih efisien, efektif, serta dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Kompetensi sumber daya manusia dalam pelayanan publik bidang kesehatan merupakan salah satu hal penting yang harus dipikirkan dan direncanakan lebih baik. sebab akan berhubungan langsung dengan kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan Dengan Kinerja Pegawai di Puskesmas Dolo Kabupaten Sigi.

Penelitian obsevasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional yang digunakan untuk mengukur variabel independen dan dependen secara bersamaan. Untuk Mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan Dengan Kinerja Pegawai. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sampel jenuh yang berjumlah 54 responden.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan pegawai dengan kinerja dengan nilai Ï value = 0,000 nilai α = 0,05, ada hubungan yang bermakna antara sikap pegawai dengan kinerja dengan nilai Ï value = 0,000 nilai α = 0,05. dan ada hubungan yang bermakna antara hubungan yang bermakna atara keterampilan pegawai dengan kinerja dengan nilai Ï value = 0,002 nilai α = 0,05.

Penelitian ini menyarankan kepada instansi agar lebih meningkatkan kinerja pelayanan di bidang kesehatan.


Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, keterampilan dan kinerja

References

Departemen Kesehatan RI, 2007. Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta

Djamalidin Sambas. 2018. pengetahuan dengan kinerja pegawai di staf di unit penunjang Medik rumah sakit umum pusat H. Adam malik medan. Jurnal Ilmiah Kesehatan FIKES UNRIO, Volume 3 No. 1.

Ellyta Yullyanti. 2009. Analisis Proses Rekrutmen Dan Seleksi Pada Kinerja Pegawai.Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi. Vol. 16.No. 3.Sept-Des 2009, hal 131-139.

Irham Fahmi, 2013, Manajemen Kinerja; Teori dan Aplikasi, Alfabeta cv, Bandung.

Kriss Nugroho. 2017. Hubungan hubungan bermakna antara sikap dengan kinerja perawat pegawai daerah di puskesmas kabupaten kudus. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Volume 1 No. 2.

Langingi Ake dan Grace. 2014. hubungan bermakna antara keterampilan dengan kinerja perawat pelaksana di Instalasi Rawat Inap C Rsup Prof. Dr. R.D Kandou Manado.. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran UNSRAT, Volume 14, No. 2,

Mangkunegara, AP. 2012. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Cetakan Kelima. Refika Aditama. Bandung.

Marwansyah, 2012.Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisis Kedua. Alfabeta cv. Bandung.

Melayu, S. P. Hasibuan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metode Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.

Nur Istikomah, 2014. Hubungan antara sikap dengan kinerja perawat di RSU Islam Sultan Agung Semarang ung. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume III, No. 1, April 201.

Peraturan Mentri Kesehatan RI, Nomor 75 Tahun 2014tentang Kebijakan Dasar Puskesmas.

Peraturan Mentri Kesehatan RI, Nomor 46 Tahun 2013 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan.

Peraturan Presiden RI Nomor 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional

Rivai, V. dan E. J. Sagala. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi Kedua, Rajawali Pers, Jakarta.

Rizky Dermawan. 2009. Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan dan Perencanaan Strategis. Alfabeta cv. Bandung.

Sadarmayanti, 2014.Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Refika Aditama, Bandung.

Sakung, J.2014.Metode Penelitian.Fakultas KesehatanMasyarakat Universitas Muhammadiyah Palu.

Sakung, J. 2013. Manajemen Data (Analisis Statistik Menggunakan Program SPSS) Untuk Mahasiswa Kesehatan masyarakat.Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu.

Suryati dan Mira. 2016. Hubungan bermakna antara sikap dengan kinerja di ruang rawat inap RSUD Pasar Rebo. Jurnal Ilmiah Kesehatan UNISMUH Surakarta, Volume 5 No. 2.

Sugiono, 2014 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Sulaeman, ES. 2009. Manajemen Kesehatan “Teori dan Praktik di Puskesmas†Surakaarta.

Sunyoto, D. 2012. Teori, Kuesioner, dan Analisa Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian).CAPS (Center for Academic Publishing Service).Yogyakarta.

Wibowo, 2012.Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga, PT. Rajagrafindo Persasda.Jakarta.

Wirawan, 2009, Evalusi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Penelitian, Salemba Empat, Jakarta.

Yuliastuti. 2017. Hubungan bermakna antara keterampilan dengan kinerja perawat dalam kasus flu burung di RSUP Hasan Sadikin Bandung.,Volume 4 No. 9

Yunus, E. 2012.Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya.Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Volume 16 Nomor 3

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat