HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR) PADA ANAK SEKOLAH MIS KT (MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA KARYA THAYYIBAH) SALUMBONE KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA

  • Elsa Nurstifani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Sudirman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurjanah Nurjanah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Imunisasi Measles Rubella (MR)  adalah kombinasi vaksin campak dan rubella untuk perlindungan terhadap penyakit campak dan rubella. Pemberian vaksin campak dan rubella diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun tanpa mempertimbangkan imunisasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap orang tua dengan Pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) pada anak Sekolah MIS KT (Madrasah Ibtidaiyah Swasta Karya Thayyibah) Salumbone Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala.

Penelitian obsevasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional yang digunakan untuk mengukur variabel independen dan dependen secara bersamaan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan pemberian imunisasi Measles Rubella (MR). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik (Total Sampling) yang berjumlah 71 responden.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan orang tua dengan pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) dengan nilai Ï value = 0,000 nilai α = 0,05 dan ada hubungan yang bermakna antara sikap orangtua dengan pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) dengan nilai Ï value = 0,000 nilai α = 0,05.

Penelitian ini menyarankan kepada instansi agar memberikan penyuluhan pada orangtua siswa sekolah MIS KT (Madrasah Ibtidaiyah Swasta Karya Thayyibah) Salumbone Kecamatan Labuan tentang Imunisasi Measles Rubella (MR).

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap Orang tua, Pemberian Imunisasi Measles Rubella (MR)

References

Amperaningsih Yuliati dan Ayu Aprilia Yunanda. 2018. Hubungan Sikap Ibu Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Sekincau Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, Volume 14, No. 2,.

Ariani. 2014. Pengetahuan dan sikap kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta

Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng. 2018 .Jumlah dan Persentase Imunisasi MR. Sulteng.

Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala. 2018. Laporan Rekapitulasi Kampanye Imunisasi MR. Kabupaten Donggala

Ditjen P2P, K. R., 2016. Petunjuk Teknis Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR). Jakarta: Kemenkes RI.

Dwi Ayu Pramitasari dan Ian Rosalia. 2018. Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Sikap Ibu Dengan Kepatuhan Dalam Mengikuti Imunisasi Measles Rubella (MR) Massal Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Ngangklik II Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan FIKES UNRIO, Volume 3 No. 1.

Gahara, E., Saftarina, F., Lisiswanti, R. & Dewiarti, A. N., 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dan Status Ekonomi dengan Kelengkapan Imunisasi Wajib pada Anak Usia 0-12 Bulan di Puskesmas Sawah. Majority, Volume 4 No. 9.

Hidayat, A. Aziz Alimul 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Salemba Medika: Jakarta.

Hidayat, A. Aziz Alimul 2014. Metode Penelitian Dan Teknik Analisis Data.Salemba Medika: Jakarta

IDAI, 2015. Menyoroti Kontroversi Seputar Imunisasi. 26 Desember 2018.

IDAI, 2017. Imunisasi Campak - Rubella (MR). (Online). Available at :http://www. idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/imunisasi-campak-rubella-mr [Accessed 27 Desember 2018].

Irawati, D., 2011. Faktor Karakteristik Ibu Yang Berhubungan Dengan Ketepatan Imunisasi DPT Combo Dan Campak Di Pasuruan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit, Volume 3 No. 1.

Kemenkes RI, 2017. Imunisasi rubella lindungi kita (Online) Evailable at:www.depkes.go.id (akses 20 Desember 2018)

Kemenkes RI. (2017). Petunjuk Teknis Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tahun 2017. Diakses pada tanggal 20 Desember 2018

Kutty, P. et al., 2013. Measles. VP D Surveillance Manual , Volume 6.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) . 2018. Penggunaan Vaksin MR (Measles Rubella) Produk Dari SII (Serum Intitute of India) Untuk Imunisasi Nomor 33 Tahun 2018.

Merlinta. 2018. Hubungan Pengetahuan Tentang Vaksin Mr (Measles Rubella) dan Pendidikan Ibu Terhadap Minat Keikutsertaan Vaksinasi MR di Puskesmas Kartasura. Jurnal Ilmiah Kesehatan UNISMUH Surakarta, Volume 5 No. 2.

McGee, P., 2013. Measles, mumps, and rubella. Diversity and Equality in Health and Care, Volume 10, pp. 123-5.

Mulyani. 2013. Imunisasi Untuk Anak. Nuha Medika: Yogyakarta

Mustika, P. G,. Budi, M. S,. & Kusumawati A., 2018. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerimaan Ibu Terhadap Imunisasi Measles Rubella Pada Anak SD di Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 6, Nomor 4, Agustus 2018 (ISSN: 2356-3346) http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm.

Nazme, N. I., Hoque, M. M. & Hussain, M., 2014. Congenital Rubella Syndrome: An Overview of Clinical Presentations in Bangladeshi Chlidren. Delta Med College, Volume 2, pp. 42-47.

Notoatmodjo, 2012. Pengukuran pengetahuan, sikap dan prilaku manusia. Jogjakarta

Puskesmas Labuan, 2018. Profil Puskesmas Labuan 2018. Kabupaten Donggala

Rani Kusumoningtyas, dan Sri Mudayati. 2016. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Anjuran Dengan Minat Melakukan Imunisasi Anjuran Pada Balita Di Poliklinik Imunisasi Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Volume 1 No. 2.

SDKI. 2017. Jumlah Kematian Anak Indonesia.2017

Suharjo. 2015. Vaksinasi cara ampuh cegah penyakit infeksi. Kanisius (Anggota IKAPI): Yogyakarta

Suryani, Desy. 2018. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Dalam Mengikuti Program Kampanye Imunisasi MR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga. Vol.VIII No.1.

Supriatin Eva, 2015. Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Keluarga Dengan Ketepatan Waktu Pemberian Imunisasi Campak di Pasir Kaliki Bandung. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume III, No. 1, April 201.

Triana V. Faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi tahun 2016. JKMA (Jurnal kesehatan masyarakat Andalas) (Andalas J)

Wawan, A dan Dewi M. 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Nuha medika: Yogyakarta

Wafi Nur Muslihatu. 2012. Asuhan Neonatus Bayi dan Balita. Fitramaya:Yogyakarta

WHO, 2017. Status Campak dan Rubella saat ini di Indonesia. (Online) Availableat:http://www.searo.who.int/indonesia/topics/immunization/mr_measles_status.pdf?ua=1. (Accessed 27 Desember 2018).

WHO, 2018. Kondisi Campak dan Rubella di Dunia. (Online) Evailable at:www.who.int/Global_MR_ Apdate_June_2018 (akses 05 Januari 2019)

Yasin Zakiyah, dkk,. 2019. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap di Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, Vol.8 No.1.

umar F. hubungan sanitasi dengan keberadaan tikus dikapal yang masuk pelabuhan soekarno hatta makassar tahun 2016. Universitas Muslim indonesia prodi kesehatan masyarakat; 2016.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>