Metode Ceramah Dalam Pendidikan Islam (Keuntungan dan Keterbatasannya)
The Lecture Method in Islamic Education (its Advantages and Limitations)
Abstract
Metode ceramah merupakan salah satu pendekatan klasik yang paling sering digunakan dalam praktik pendidikan Islam, baik di lembaga formal seperti madrasah dan pesantren, maupun dalam pengajian non-formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis efektivitas penggunaan metode ceramah dalam pendidikan Islam dengan menyoroti keuntungan dan keterbatasan yang melekat pada metode ini. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan studi literatur, ditemukan bahwa metode ceramah memiliki sejumlah keuntungan, antara lain efisiensi waktu, penyampaian materi secara sistematis, serta kemampuan menjangkau peserta didik dalam jumlah besar. Namun demikian, keterbatasan juga muncul, seperti minimnya partisipasi aktif siswa, potensi kejenuhan dalam proses belajar, dan kesulitan dalam mengukur pemahaman peserta didik secara langsung. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa metode ceramah perlu dipadukan dengan strategi pembelajaran aktif lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang holistik. Dengan demikian, pendidikan agama Islam perlu mempertimbangkan konteks, karakteristik peserta didik, serta tujuan pembelajaran dalam menentukan pendekatan yang tepat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai keuntungan dan keterbatasannya dalam penggunaan metode ceramah dalam pendidikan agama islam.
References
Apit dulyapit dan samih letari, Metode ceramah dalam pendidikan masdrasah intidaiyah, Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah hal 46 vol 4 No. 2 tahun 2024.
Ariani L, Analisis Desain dan Implementasi Anatomi Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah, 2024.
Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta.
Dafid Fajar Hidayat dkk, Desain metode ceramah dalam pendidikan agama islam, Institut Agama Islam Hasanuddin Pare-Kediri, Volume 8, No. 2 September 2022 hal 358.
Dafid fajar hidayat dkk, Desain metode ceramah dalam pendidikan agama islam, Institus hasanudin pare-kediri, vol 2 No. 8 2022, hal 366.
Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipt
Dulyapit, A., & Lestari, Pengaruh Metode Ceramah dalam Pembentukan Karakter Siswa MI. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 12(1), 45–50, 2023.
Ega fardilah dkk, implementasi metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam, jurnal ilmu pendidikan. Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi1 vol 3 2023 hal 748.
Fardilah e dkk, Efektivitas Metode Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(4), 750, 2022
Fitriyah dkk, Perbandingan Efektivitas Metode Ceramah dan Diskusi dalam Pembelajaran Akhlak. Jurnal Tarbiyatuna, 10(1), hal 25, 2018.
Hamalik, proses Belajar mengajar, Bumi aksara, jakarta
Helma hidayati, Belajar dan Pembelajaran. Universitas lambung banjarmasin.
Isnaini dkk, Efektivitas Metode Ceramah dalam Pembelajaran PAI di MI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol 7(2), hal 145, 2019.
M aditya ramadhan, Metode ceramah Untuk pembelajaran, universitas lambung, mangkurat banjarmasin.
Mat Hasan, Efektifitas metode cermah, Jurnal pendidikan islam, vol 7 No. 1, thn 2024
Nata, Pendidikan Islam di Indonesia: Sejarah, Pemikiran, dan Perkembangannya, Jakarta.
Ridwan wirabumi, Metode Pembelajaran Ceramah Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, vol 1 No. 1 tahun 2020, hal 111-112
Ridwan, Metode Pembelajaran Ceramah, Universitas khaldin bogor, Vol 1 no1 thn 2020.
Rildwiani Putri Utami, Analisis Metode Ceramah pada Pengajaran Pendidikan Agama Islam, jurnal ilmu pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, vol 3 No. 2 tahun 2023 hal 170
Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta.
Sarinah bintang, Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasa, Jurnal komprehensif, vol 3 No. 1, hal 250-251, 2025
Sudjana, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syahputra, Persepsi Siswa terhadap Metode Ceramah dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, vol 5(1), hal 34, 2020
Tami, R. P, Metode Pembelajaran Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Kasus di MI Negeri Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 7(2) 2023, 170–178.
Utami r.p, Metode Pembelajaran Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Kasus di MI Negeri Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 7(2), 170–178. 2023