Hubungan Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Sikap Agresif pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di Pusat Layanan Autis Provinsi Gorontalo

Relationship of Knowledge and Parenting Patterns with Aggressive Attitudes in Children with Autism Spectrum Disorder (ASD) at the Autism Service Center in Gorontalo Province

  • Putri Rachmawaty Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Laksmyn Kadir Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Yasir Mokodompis Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengetahuan, Pola Asuh Orang Tua, Sikap Agresif, Anak Autism Spectrum Disorder

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks dan berat menyangkut masalah komunikasi, interaksi sosial dan perilaku repetitive. Pengetahuan dan pola asuh orang tua terhadap anak ASD sangat berpengaruh dan berperan penting terhadap perkembangan dan pengendalian sikap agresif pada anak ASD. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan pola asuh orang tua dengan sikap agresif pada anak autism spectrum disorder di Pusat Layanan Autis Provinsi Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei analitik dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Responden dari penelitian ini adalah orang tua dari anak yang menderita autism spectrum disorder di pusat layanan autis provinsi gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Layanan Autis Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan pola asuh orang tua dengan sikap agresif pada anak Autism Spectrum Disorder di Pusat Layanan Autis Provinsi Gorontalo.

References

Aprilia, D., Johar, A., & Pudji Hartuti. (2014). Sitem Pakar Diagnosa Autisme pada Anak. Rekursif, 2(Sistem Pakar), 92–98
Bahri, Syaiful. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga Edisi Revisi : Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta : Rineka Cipta
Dwi Yuliandika R, Suryandari D. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temper Tantrum Anak Autis. J Ber Ilmu Keperawatan. 2019;12(1):15-22.
Fitriana, F., & Lanavia, S. (2019). Pengaruh Strategi Penanganan Anak Temper Tantrum Melalui Terapi Permainan Puzzle. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 14(2), 236.
Imam Gunawan, (2019) Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hal. 143
Notoadmodjo , S. 2018. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Rahman, N. (2017). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Yang Memiliki Anak Autisme Tentang Perawatan Anak Autisme Di Rumah Di SLB Autisma YPPA Padang. Menara Ilmu 11(78), 147–151
Santrock, J. W. (2018). Adolesencence: Perkembangan Remaja (Edisi Ke-6). Jakarta: Penerbit Erlangga
Suandana, M. A. (2022, Maret 25). repo unpas. Diambil kembali dari School of Electronics and Computer Science
Wirlania, E. Y. (2017). Hubungan Komunikasi Orang Tua dengan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah di TK dan Paud Pancasila II Cepoko Magetan. In Repository STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun.
Published
2025-04-29
Section
Article