Kualitas Pelayanan Pegawai Tata Usaha di Sekolah Dasar Negeri Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi

  • Viviyanti Viviyanti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Andi Irwan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Pariyati Pariyati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui kualitas pelayanan Pegawai Tata Usaha di Sekolah Dasar Negeri Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. 2. Untuk mengatahui faktor faktor penghambat kualitas pelayanan Pegawai Tata Usaha di Sekolah Dasar Negeri Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Pengambilan informan mempergunakan Purpossive Sampling yaitu dengan memilih orang yang dianggap mengetahui permasalahan penelitian sehingga peneliti menetapkan 5 orang sebagai informan. Guna memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan yaitu 1. Kualitas pelayanan pegawai tata usaha di Sekolah Dasar Negeri Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi dengan indikator 1). Ketepatan. Pegawai Tata Usaha tepat dalam memberikan pelayanan. 2). Kecepatan. Pegawai Tata Usaha belum cepat memberikan pelayanan, 3). Murah. Menunjukan bahwa pelayanan dalam kategori murah 4). Ramah. Menunjukan bahwa Pegawai Tata Usaha ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pegawai Tata Usaha.


References

Dwiyanto Agus, 1997. Penilitian Kinerja Organisasi Publik, Fisipol UGM, Yogyakarta.

Frederickson, H. George, 1980, New Public Administration, University of Alabama Press, Tuscaloosa.

Gie, The Liang. 1997. Ensiklopedia Administrasi. PT.Gunung Agung. Jakarta.

Hadi Prodjo S, 1993. Dasar-Dasar Manajemen. Edisi 5 BPFE. Yogyakarta.

Hutabarat, James M. 1984. Ilmu Administrasi. Liberty. Yogyakarta.

Idup Suhudy. 2000. Kebijakan Pendayagunaan Aparatur Negara. Lan Ri. Jakarta

Kurniawan Agung, 2005, Transformasi Pelayanan Publik, Cetakan Pertama, Pembaharuan, Bantul Yogyakarta.

Moenir, H.A.S. 2008, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

M. Manullang. 1989. Dasar-Dasar Manajemen. Bina Aksara. Jakarta.

Nazir Muhamad, 2003, Metode Penelitian, Ghalia, Indonesia, Jakarta.

Poerwadarminta. 1985. Kamus Bahasa Indonesia. PN. Balai Pustaka. Jakarta.

Porter, Michael E. 1993. Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. : PT. Erlangga. Jakarta.

Prajudi. Atmosudirjo, 1982. Ensiklopedia Administrasi. Gramedia. Jakarta.

Ratiminto dan Winarsih 2005, Manajemen Pelayanan, Mismar, Jakarta,

Sampara, Lukman.2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA-LAN Press Jakarta.

Salusu. J. 1995. Pengambilan Keputusan Strategi. Unhas. Ujung Pandang,

Sianipar, J.P.G. 2000, Manajemen Pelayanan Masyarakat. Lembaga Administrasi Negara RI. Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi Negara. Alfabeta. Bandung.

Sukarno, 1990, Pengantar Ilmu Administrasi, CV. Mandar Maju Jakarta

Syamsi, Ibnu. 2004. Efisiensi, Sistem, dan Prosedur Kerja. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Tjandara. Riawan W. 2005. Peningkatan Kepasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Publik. Pembaharuan. Yogyakarta.

Tjiptono. Fendy. 2000. Total Quality Management .Yogyakarta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009, Redaksi Merah Putih, Yogyakarta

Widodo, Joko, 2001, Good Governance, Telaah dan Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi Pada Era Otonomi Daerah, Insan Cendikia, Surabaya.

Zuriah Nurul, 2009, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Section
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik