Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan implementasi pendekatan saintifik dalam mewujudkan kemandirian belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan santifik dalam mewujudkan kemandirian belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan baik. Kemudian pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu, guru sudah menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik yang meliputi, kegiatan mengamati, kegiatan menanya, kegiatan mengumpulkan informasi, kegiatan menalar, serta kegiatan mengomunikasikan. Peserta didik telah menunjukkan kemandirian belajar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi beberapa aspek, yaitu memiliki inisiatif, aktif dalam pembelajaran, dan dapat bertanggungjawab pada saat mengikuti proses pembelajaran PAI.
References
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Andre, M., Nursyamsiah, S., & Huda, H. (2023). Penerapan Pembelajaran Model Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.83
Ayatullah, & Laili, H. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik di MTs NW Senyiur. AS-SABIQUN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 127–141. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1331
Badriyah. (2015). Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1), 21–36.
Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645
Hakim, I. U., Octafiona, E., Hasanah, U., & Rahmatika, Z. (2023). Peran Guru PAI dalam Pelaksanaan Shalat Dhuha pada Peserta Didik di SMA. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.33511/qiroah.v13n1.1-11
Harahap, A. R., & Prastowo, A. (2021). Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran SLB di Kasih Dolok Masihul. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.41
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. CV. Widina Media Utama.
Indriyanti, Mulyasari, E., & Sudarya, Y. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 13–25. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i2.13256
Maysyaroh, U., Kristanto, Y. D., & Partini. (2023). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). JIPMAT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 70–82. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.13298
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian (Cet. 14). Bumi Aksara.
Ritonga, A. A. (2017). Pendekatan Santifik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1), 78–97. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339
Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu: Journal of Basic Education, 1(2), 47–62. https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/joedu/article/view/25
S. Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Sofianti, F., & Afrilianto, M. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMK Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 667–674. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.667-674
Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syahputra, B. P. (2020). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Menulis Cerita Pendek. Asas: Jurnal Sastra, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18328
Wana, P. R., & Dwiarno, P. A. (2018). Implentasikan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 133–142. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/661
Yantoro, & Fitrah, A. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 186–192. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.186-192
Yustina. (2022). Respons Siswa Tentang Penggunaan Media Audio Visual Oleh Guru PAI Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 03 Teluk Keramat. Cross-border, 5(1), 81–92. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1004