Implementasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Membangun Toleransi Beragama Pada Perserta Didik
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilaksanakan di MAN 1 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa. dalam penanaman dan penerapan pemahaman moderasi beragama, mata pelajaran akidah akhlak merupakan yang selaras dengan moderasi beragama yang dilaksanakan di dalam tingkatan sekolah. Dari sembilan nilai moderasi beragama, ada 3 nilai dasar yang dirasa sangat penting dan menjadi tumpuan awal dari nilai moderasi beragama, yang ditanamkan di dalam jam pembelajaran akidah akhlak maupun diluar jam pembejalaran, Yakni nilai: Tawasuth, I’tidal, dan Tasamuh. Hal ini mengindikasikan bahwa akidah akhlak berada di balik layar pemnanaman nilai moderasi beragama. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai moderasi beragama yang difokuskan kepada nilaidasar moderasi beragama, yakni nilai tawasuth, nilai i’tidal, dan nilai tasamuh sudah berjalan dengan baik, dan dapat dilanjutkan untuk mengimplementasikan keenam nilai moderasi beragama yang lain.
References
Ali, Mukti. “Konsep Implementasi Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tripusat Pendidikan.” Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 10, no. 1 (2023).
Aziz, Aceng Abdul. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik, 2019.
Badawi. “Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah.” UMJ Vol. 1, no. 2 (2019).
Dahlan, Moh. “Moderasi Hukum Islam Dalam Pemikiran Ahmad Hasyim Muzadi.” Al-Ihkam Vol. 11, no. 2 (2016).
Effendy, Syofian. “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X Bahasa Di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong.” An-Nizom Vol. 12, no. 1 (2019).
Febriana, Rina. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Hanafi, Yusuf. Internalisasi Nilai - Nilai Moderasi Beragama Dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa, 2022.
Jamaluddin. “Implementasi Moderasi Beragama Di Tengah Multikulturalitas Indonesia.” As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 7, no. 1 (2022).
Muchith, M. Saekan. “Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan.” Addin Vol. 10, no. 1 (2016).
Nurhidin, Edi. “Strategi Implementasi Moderasi Beragama M. Quraish Shihab Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol. 5, no. 2 (2021).
Nurjaman, Asep Rudi. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2020.
Octafiona, Era, Ahmad Zaki Alhafidz, and Gita Leviana Putri. “Memahami Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Literasi.” El Pustaka: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam 01, no. 02 (2020).
Sari, Mila. Metodologi Penelitian. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi, 2022.
Sitti Chadidjah, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, Bambang Syamsul Arifin. “Mentasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pai: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah Dan Tinggi.” Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6, no. 1 (2021).
Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama, 2018.
Sulaiman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Banda Aceh: Yayasan PeNA Bnda Aceh, 2017.
Supandi, Heni Listiana. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat Di Madrasah.” Pendidikan Dan Pemikiran Islam Vol. 7, no. 2 (2020).
Sutikno, M. Sobry. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica, 2019.
Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.