Pelatihan Public Speaking Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Penggiat P4GN Di Lingkungan Pendidikan Wilayah Kabupaten Tojo Una-Una

Public Speaking Training as an Effort to Improve the Performance of P4GN Activists in the Educational Environment of Tojo Una-Una Regency

  • Lindanur Sipatu Prodi Manajemen PSDKU Untad Touna, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako Palu
  • Wisra M Prodi Manajemen PSDKU Untad Touna, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako Palu
  • Abdul Azis. R Prodi Manajemen PSDKU Untad Touna, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako Palu
  • Nur Bagus Indah Lakadjo BNN Kabupaten Tojo Una Una Sulawesi Tengah
Keywords: Pelatihan, Public Speaking, Kinerja

Abstract

Pelatihan Public Speaking merupakan hal yang sangat penting bagi penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja sebagai penggiat P4GN di lingkungan pendidikan wilayah kabupaten Tojo Una Una. Peserta pelatihan diharapkan memiliki kompetensi Public Speaking dalam perannya sebagai Penggiat P4GN. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan diskusi. Peserta pelatihan sebanyak 22 orang, dengan latar belakang guru SD/MI dan Guru SMP/MTS. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 24 Oktober 2024 diruang pertemuan Hotel Ananda di Kota Ampana kabupaten Tojo Una Una. Hasil kegiatan pelatihan dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi untuk mengetahui karakteristik peserta kegiatan dan analisis Word Frequency Query pada aplikasi Nvivo 12 plus for windows, bertujuan untuk mengetahui kata atau konsep yang sering disampaikan peserta pelatihan pada pre test dan post test, sehingga tidak ada isu penting yang terlewatkan dalam proses analisa dan pelaporan. Hasil pelatihan didapatkan bahwa sebelum pelatihan tingkat kepercayaan sebagian besar peserta pelatihan adalah merasa percaya diri saat berbicara di depan umum sebanyak 12 orang (54,5%), 3 orang (13,6%) merasa biasa saja dan 3 orang (13,6) lagi merasa sangat percaya diri saat berbicara di depan umum. Setelah mengikuti pelatihan, sebagian besar peserta pelatihan merasa percaya diri, sebanyak 14 orang (63,6%) dan 8 orang (36,4%) merasa sangat percaya diri saat berbicara di depan umum setelah mengikuti pelatihan Public Speaking. Kegiatan pelatihan berlangsung dengan lancar dan tertib. Peserta antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan. Peserta pelatihan berharap agar kegiatan pelatihan ini dapat berlanjut, sehingga keterampilan public speaking dapat terus diasah dan sesuai dengan perkembangan zaman.

References

Hardyanti, W., Kusumastuti, F., & Susilo, J. (2024). Penguatan Skill Komunikasi Melalui Pelatihan Public Speaking pada Guru Sekolah Dasar di SDN Girimoyo 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(3), 3414–3425.

Herwina, W., Waliyyan, A., Herdiani, S., Siti, E. A., Farabila, S., Nofianti, F., & Rahmawati, D. (2024). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 02.

, Nurjanah, T., Sos, M., Rafidawati, M., Sos, M., & Fathoni, N. (2022). Pelatihan Public Speaking Guru di MA Darul A’mal Lampung.

Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., & Deryansyah, A. D. (2023). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial. Community Development Journal, 4(2), 4765–4773.

Sinaga, T. (2022). Pedoman Penggiat P4GN. Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN.

Published
2024-11-30
Section
Artikel Pengabdian