ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KARTU PRABAYAR XTRA LUAS (XL) BERDASARKAN SEGMENTASI ANAK REMAJA KOTA PALU (Study Kasus PT. XL AXIATA Tbk. Cabang Palu)

  • Ni Nyoman Sri Widiasih Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rukhayati Rukhayati Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin T Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Dari hasil analisis IE Matrik, PT. XL Axiata Tbk. Sales Area Palu berada pada sel I maka strategi yang digunakan yaitu integrasi vertikal. Pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi vertikal dengan cara mengambil alih fungsi distributor. Ini merupakan strategi utama untuk perusahaan yang memiliki kelemahan yang sangat besar yang lebih besar dari nilai kekuatan, demikian pula dengan faktor eksternal dimana nilai skor dari ancaman lebih besar dari pada nilai skor peluang. Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman (SWOT) dimana perusahaan mengalami situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal. Harus segera mencari strategi bertahan (Defensif Strategy). Agar perusahaan bisa bertahan lebih lama. Dari hasil analisis SWOT diketahui nilai S>O yaitu (0,28 > 0,27) untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengambil alih fungsi distributor karena PT. XL Axiata Tbk. Sales Area Palu berada dalam kondisi tingkat kritis, nilai W>O yaitu sebesar (0,33 > 0,27) untuk memaksimalkan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan bagi para karyawan dengan mendatangkan tenaga ahli sebagai instruktur, untuk meningkatkan keahlian karyawan, nilai S<T yaitu (0,28 < 0,40) untuk memaksimalkan kekuatan serta untuk meminimalkan ancaman, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan terus meningkatkan kualitas layanan serta mengikuti perubahan teknologi yang cepat, sedangkan nilai W<T yaitu sebesar (0,33 < 0,40) untuk meminimalkan kelemahan dan ancaman. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi agar konsumen menjadi tahu tentang PT. XL Axiata Tbk. Sales Area Palu dan produk Kartu Prabayar XL 4G LTE maupu XL Prioritas yang dijualnya sehingga tertarik untuk membeli.

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT

References

Fandi, Tjiptono. 2008. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Gitosudarmo, Indarito. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi satu Jogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia:Jakarta

Published
2019-09-19
Section
Fakultas Ekonomi