Pengelolaan Dan Pemanfaatan Website Sistem Pelayanan Administrasi (SILASTRI) Pada Pemerintah Desa Mirigambar
Management and Utilization of the Administrative Service System Website (SILASTRI) at the Mirigambar Village Government
Abstract
Pengembangan teknologi terhadap pelayanan administrasi pemerintah di fokuskan pada konseptualitasi ulang pemerintah untuk mendefinisikan kembali peran pemerintah dalam tata kelola masyarakat yang bertujuan untuk membuat pemerintahan yang lebih efektif dan memanfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kelebihan dan kekurangan program inovasi pelayanan publik berbasis website pada Pemerintahan Desa Mirigambar. Untuk lebih meningkatkan pengembangan e-government di Desa Mirigambar baik dari segi kuantitas maupun kualitas maka diperlukan adanya komitmen dari pemerintah dalam menyempurnakan pengembangan e-government terutama dari segi infrastruktur, operator, peraturan dan sosialisasi secara luas. Hal tersbeut penting untuk mencapai hasil dan kualitas pelayanan yang efektif bagi masyarakat.
References
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22435.76322
Cahyono, A. S. (2023). Manajemen Pelayanan Publik (Inovasi dan Teknologi Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Layanan) (1st ed.). PT Literasi Nusantara Abadi Grup.
Cahyono, A. S., Zauhar, S., & Domai, T. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pengadilan Agama Kelas I A Tulungagung E-Government-Based Public Service Innovation in Class I A Tulungagung Religious Court. 15(02), 82–97.
Elsa Prisanda, & Rury Febrina. (2021). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Aplikasi SISPEDAL Dalam Rangka Mewujudkan Good Village Governance. Journal of Governance Innovation, 3(2), 155–171. https://doi.org/10.36636/jogiv.v3i2.723
Kumorotomo, W. (n.d.). Kegagalan Penerapan E-Government Dan Kegiatan Tidak Produktif Dengan Internet.
Nugraha, J. T. (2018). E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32–42.
Pemerintah Kabupaten Tulungagung. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi. https://silastrisumberdadap.pucanglaban.id/
Suwarno, Y. (2008). INOVASI DI SEKTOR PUBLIK.
Weiss, T. G. (2016). Governance , good governance and global governance?: conceptual and actual challenges. Third World Quarterly, 21(5), 795–814.