Analisis dan Perencanaan Strategi Sistem Informasi

Information Systems Strategy Analysis and Planning

  • Robin Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Sanif Sentosa Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Victor Saputra Ginting Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Rafika Sari Br Sembiring Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
Keywords: Perencanaan Strategi, Arsitektur, TOGAF ADM

Abstract

Robinson Electronic yang bergerak dalam bidang penjualan barang-barang elektronik tunai dan kredit. Dengan semakin ketatnya persaingan pada kegiatan usaha yang sejenis, perusahaan akan dianalisis dan dilakukan perencanaan strategi sistem informasi yang dapat membantu organisasi dalam melaksanakan proses bisnis atau kegiatan operasional. Pada saat ini, PT Columbia sudah memiliki startegi bisnis untuk melaksanakan visi, misi, dan sasaran yang ingin dicapai tetapi pada PT Columbia harus memiliki perencanaan strategi yang lebih baik lagi kedepannya dalam melakukan proses bisnis untuk pencapaian dan mempertahankan keberhasilan organisasi tersebut. Karena perencanaan strategi memiliki peranan penting dalam suatu organisasi untuk menentukan kebutuhan sistem informasi. Perencanaan sistem informasi yang baik, di mulai dari mendefinisikan arsitektur bisnis yang ada dalam organisasi, mendifinisikan arsitektur data yang akan di gunakan, mendifinisikan arsitektur aplikasi yang akan dibangun. Perencanaan strategis disusun melalui fase-fase pada metode TOGAF ADM serta menghasilkan dokumen rencana strategi sistem informasi. Dokumen rencana strategi tersebut nantinya akan menjadi dasar pegangan bagi organisasi dalam membangun atau mengembangkan sistem informasi sesuai kebutuhan organisasi untuk dapat menerapkan perencanaan sistem informasi yang efektif dan efisien.

References

Alhamdu. 2016. Analisis Statistik Dengan Program SPSS, Palembang: Penerbit: Noer Fikri Offset.

Basri, Faisal. 2013. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba, Jakarta:Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Desmin, Hayyumitya. 2014. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada PT.Sasmita Wikrama Nusantara, Skripsi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Fathansyah. 2015. Basis Data., Bandung: Penerbit Informatika.

Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto. 2002. Konsep Manajemen Supply Chain, Jakarta: Penerbit: Grasindo.

Kadir, abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kustiyahningsih.,Yeni. “Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan Metode Togaf Adm (Studi Kasus : Rsud Dr.Soegiri Lamongan)”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVIII Program Studi MMT-ITS, Surabaya. Kurnia, Hirson dan Puspitasari,

Liza Nurbani. 2014. Sistem Informasi Manajemen, Jakarta Selatan: Penerbit Ariyanto.

Mualo, Ardhyansyah. 2016. “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Togaf (Studi Kasus: Universitas Satria Makassar)”.Seminar Riset Teknologi Informasi (SRITI).

Nugroho, Riant. 2010. Perencanaan Strategis in Action, Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Yudhistrya, Imam Wecka. 2014. Lima Metode Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Untuk Pengembangan E-Government, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi SENTIKA

Published
2024-08-19
Section
Artikel Penelitian