Sistem Informasi Akademik Politeknik Unggulan Cipta Mandiri Medan

Cipta Mandiri Medan Superior Polytechnic Academic Information System

  • Jasael Simanullang Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Ericky Benna Perolihin Manurung Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Victor Saputra Ginting Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Rafika Sari Br Sembiring Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Thamrin Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
Keywords: PIECES, Efektifitas Sistem Informasi

Abstract

Penerapan system informasi sangatlah penting dalam menujang kinerja suatu lembaga Pendidikan tinggi yang bergerak dibidang IT seperti Politeknik Unggulan Cipta Mandiri Medan yang menghadapi persaingan yang ketat dengan para kompetitornya dalam Upaya menarik minat Masyarakat dengan cara memberikan kemudahan dalam berbaagi proses akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada responden sejumlah 307 orang yang diklasifikasikan menjadi 3 cluster yaitu staf, dosen dan mahasiswa sebagai pengguna system yang ditentukan dengan kombinasi stratified dan sluster sampling. Teknik analisis dilakukan dilakukan dengan mengolah persepsi atas variable PIECES (Performance, Informance, Economy, Control, Efficiency, Service) yang menjadi kerangka pemikiran dalam penelitian dalam kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah aspek Performance : masih sering ditemukan masalah seperti lambatnya respon dari system dalam melayani melayani permintan, prosedur yang berbelit-belit serta ketidakjelasan prosedur karena menurut responden untuk pekerjaan yang sama prosedur yang harus dilakukan bisa berbeda. Aspek Information : informasi yang diberikan oleh sistem masih dirasa kurang baik karena  karena sering terjadi informasi yang berbeda-beda atau tidak ada keseragaman  informasi untuk satu hal. Aspek economy : system yang dioperasikan masih banyak memerlukan sumber daya terutama waktu. Aspek control : Batasan akses yang diberikan belum benar-benar sesuai. Aspek efficiency : belum ada orang yang khusus menangani dan mencari juga membetulkan  jika terjadi kesalahan pada system berjalan, juga untuk membetulkan kesalahan sangat mmebutuhkan waktu. Aspek service : system berjala kurang dapat dipercaya untuk Tingkat reliabilitasnya karena responden sering menemui masalah dengan ketidak konsistenan baik dari informasi yang diberikan maupun dari prosedur yang berlaku.

References

Fuad, A., & Harisun, E. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akademik (Simak) Di Program Studi Informatika. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 2(1), 1-5.

Gay, LR., Geoffrey E. Mills, & Peter Airasian.2009. Educational Research, Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Pearson Education, Inc

Handayani, R, Yermias T. K, dan Ratminto. 2003. Analisis kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” Jurnal Sosiosains, Vol 17 No. 2, April 2003.

Hayati, W. O. T., Palilati, A., & Sukotjo, E. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Dan Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO), 2(1), 11-19.

Kanca, I. N., & Dartini, N. P. D. S. (2015). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskesrek. JURNAL PENJAKORA, 2(2), 1-11.

Kristy, R. D., & Kusuma, W. A. (2018). Analisis tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi universitas muhammadiyah malang. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(1), 17-24.

Kottler, Philips. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Rahareng, V. J., & Relawan, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2).

Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Analisa tingkat kepuasan pengguna dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi djp online dengan kerangka pieces. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 88-94.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset. Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Published
2024-02-26
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)