Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila sebagai Sumber Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat

The Importance of Instilling Pancasila Values as a Source of Law in Community Life

  • Thanruanu Ranuasa Universitas Lambung Mangkurat
  • Resdiadi Gunawan Tumbio Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmat Amin Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Saripudin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pancasila, Sumber Hukum, Kehidupan Bermasyarakat

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran penting sebagai sumber hukum dalam kehidupan bermasyarakat. Artikel ini membahas pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila untuk membentuk masyarakat yang adil, makmur, dan beradab. Melalui penelitian ini, diungkap bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan dan pengaruhnya terhadap stabilitas hukum dan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dan analisis kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Pancasila mampu menciptakan harmoni dan keadilan sosial. Artikel ini memberikan panduan untuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kebijakan publik dan kehidupan sehari-hari.

References

Anwar, S. (2021). Pendidikan Pancasila: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Budiardjo, M. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, A. (2020). Pancasila sebagai Ideologi Negara. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Latif, Yudi. (2011). Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: Gramedia.
Mahfud MD, Moh. (2012). Konstitusi dan Hukum dalam Kontroversi Isu. Jakarta: Rajawali Pers.
Prasetyo, T. (2022). Pancasila dalam Perspektif Hukum dan Politik. Bandung: Penerbit Alumni.
Soekarno, I. (2018). Pancasila: Cita-Cita dan Realita. Surabaya: Pustaka Cita Bangsa.




Jurnal

Amallia, R., Maharani, D., Sari, M. W., & BMY, M. A. A. (2024). Pengaruh Budaya Asing Terhadap Penerapan Nilai–Nilai Pancasila Pada Kehidupan Remaja. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(2), 49-66.
Amir, R. N. S., & Masruroh, S. (2024). PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER BERDASARKAN PANCASILA MELALUI PERMAINAN PAPAN PANCASILA DI SDN KIARAPAYUNG 1. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 3(1), 5487-5499.
Cahyati, B. S., Zahra, F. A., Naima, N., & Hasanah, N. (2024). Menjadi Generasi Maju dengan Memahami Demokrasi, Pancasila dan UUD 1945 Dalam Konteks Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 687-693.
Dewi, N. N. (2024). Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat bagi Generasi Z. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 63-68.
Fadly, A., Astuti, K. T. P., Yusriyyah, S. B., Nazwa, L., & Faiz, A. (2024). Persepsi Mahasiswa tentang Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 18125-18135.
Faridah, I. (2024). PENYULUHAN DAN PELATIHAN NILAI-NILAI PANCASILA BAGI MASYARAKAT DESA HULOSOBO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO. PROFICIO, 5(2), 864-870.
Fauziah, F., Utami, J. N., & Usiono, U. (2024). Mini Riset Pembudayaan Pancasila Terhadap Masyarakat. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 223-232.
Furnamasari, Y. F., Adilah, A. K., Herlambang, A. D., Ramadhan, A. R., Aziz, J. Y., Nurdin, M. I., & Alfarizi, M. G. (2024). PERAN MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA BAGI MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5).
Khoirunnisak, A., Shaghifa, B. A., & Meta, A. C. (2024). PENANAMAN NILAI–NILAI PANCASILA UNTUK MENCEGAH TINDAKAN KORUPSI BAGI MAHASISWA DI MASA DEPAN. Journal of Democratia, 1(2), 48-61.
Muhammad, S., Tansah, L., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 44-53.
Rachmadanti, N., Anggara, R., Lestari, S. A., Khairani, Y., & Taun, T. (2024). Mengintegrasikan Nilai-nilai Pancasila dalam Pendidikan untuk Membentuk Pemimpin Masa Depan. TSAQOFAH, 4(4), 3194-3207.
Sabila, D. Z. R., Sundari, E., Alfaridzi, M. Y., Satria, M. J., Azis, M. A., Fadlurrahman, M. N., ... & Furnamasari, Y. F. (2024). Pentingnya Penanaman Nilai–Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(3), 273-281.
SM, P. P. (2024). MEWUJUDKAN GENERASI EMAS 2045 MELALUI PENEGAKAN HUKUM YANG BERKEADILAN BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Sukmawati, W. S., Bahari, B., Degawan, R. H., Zakaria, N., & Marzuki, M. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Di Era Multikulturalisme. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 250-258.
Sulystianeu, D. D., Rintan, E., Al Mubarok, M. F., Apriani, S. V., Maftuh, B., & Kembara, M. D. (2024). Pentingnya Sosialisasi Pemahaman Pancasila dalam Media Sekolah. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 60-65.
Udi, M., Ramadhani, N., Sarita, R., & Raihan, R. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 205-219.
Wantu, S. M., Cuga, C., & Mahmud, R. (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEARIFAN LOKAL PEMBUATAN UPIYA KARANJI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKN DI SMPN 6 SATAP PULUBALA KABUPATEN GORONTALO. Jambura Journal Civic Education, 4(1).
Published
2024-07-29
Section
Artikel Penelitian