Hubungan Aggressive Driving Behavior Dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengemudi Bus AKAP dan AKDP di Terminal Kota Gorontalo

The Relationship Between Aggressive Driving Behavior and Traffic Accidents in AKAP and AKDP Bus Drivers at the Gorontalo City Terminal

  • Fenadila Kanaila Putri Bobihhu Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Herlina Jusuf Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Putri Ayuningtias Mahdang Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Aggressive, driving, behavior, kecelakaan, pengemudi

Abstract

Aggresive driving behavior merupakan perilaku mengemudi secara agresif yang disengaja dapat mengakibatkan resiko kecelakaan karena dipicu oleh rasa ketidaksabaran dalam mengemudi dalam upaya menghemat waktu. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara aggressive driving behavior dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengemudi bus AKAP dan AKDP di Terminal Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan survey analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh supir bus dengan trayek AKAP maupun AKDP yang ada di Gorontalo yakni sebanyak 1.010 pengemudi bus, dan sampel yang diperoleh sebanyak 287 responden.  Data di analisis dengan uji chi-square. Hasil pada penelitian ada hubungan antara variabel aggresive driving behavior dengan kejadian kecelakaan diperoleh (p-value=0,001 < ? = 0,05). Simpulan, variabel aggressive driving behavior ada hubungan dengan variabel kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengemudi bus AKAP dan AKDP di Terminal Kota Gorontalo. Saran kepada pengemudi bus agar lebih memperhatikan keamanan dalam mengemudi dengan selalu menerapkan sikap safety driving agar pengemudi bisa terhindar dari perilaku aggressive driving yang dapat menyebabkan bahaya kecelakaan lalu lintas.

References

Ansyori, M. 2018. Hubungan Antara Persepsi Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Aggressive Driving. [Skripsi]. Universitas Brawijaya

Kementerian Perhubungan RI. (2023). Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Kemenhub Ajak Masyarakat Beralih ke Transportasi Umum dan Utamakan Keselamatan Berkendara. https://www.dephub.go.id/post/read/tekan-angka-kecelakaan-lalu-lintas,-kemenhub-ajak-masyarakat-beralih-ke-transportasi-umum-dan-utamakan-keselamatan-berkendara

Ikroom, W,D. 2014. Mengurangi Resiko Kecelakaan Lalu-Lintas Melalui Audit

Keselamatan Jalan (Studi Kasus Jalan Kalimantan Kota Bengkulu).

[Skripsi]. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Lutfhie, A. 2018. Pegaruh Self Control Dan Moral Disengagement Terhadap

Aggressive Driving Pada Pengemudi Sepeda Motor. [Skripsi]. Jakarta: UIN

Syarif Hidayatullah.

Putri, S, N. 2019. Hubungan antara Persepsi Risiko dan Aggressive Driving dengan Kematangan Emosional sebagai Variabel Intervening.

Soffania, M,I. 2018. Hubungan Agressive Driving Behavior Pengemudi Sepeda Motor Dengan Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Pada Siswa Sma Di Kabupaten Sidoarjo). Surabaya: Universitas Airlangga.

Suneeta. 2018. Aggressive Driving Pengemudi Angkutan Kota Di Jalan Macet. Vol 4. No 1.

Tasca, L. (2000) A review of the literature on aggressive driving research. Road User Safety Branch: Canada.

Published
2024-07-16
Section
Artikel Penelitian