Konseling untuk Anak Usia Dini

Counseling for Early Childhood

  • Eldarifai UIN Imam Bonjol Padang, Pasca Sarjana (S.3) Pendidikan Islam
  • Gusri Kenedi UIN Imam Bonjol Padang, Pasca Sarjana (S.3) Pendidikan Islam
  • Afnibar UIN Imam Bonjol Padang, Pasca Sarjana (S.3) Pendidikan Islam
  • Ulfatmi UIN Imam Bonjol Padang, Pasca Sarjana (S.3) Pendidikan Islam
Keywords: Bimbingan, Konseling, Anak Usia Dini

Abstract

Bimbingan dan konseling tidak pernah terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebagaimana halnya pendidikan yang merupakan upaya memanusiakan manusia. Perkembangan bimbingan dan konseling (guidance and counselling terjadi semenjak 1903 hingga saat ini. Perkembangan itu terletak pada dasar-dasar ilmiahnya. Hal ini menunjukan tendensi terhadap kebutuhan manusia menuju kebahagian di dunia dan akhirat. Ruang lingkup konseling Islam seluas dan sedalam tuntunan hidup yang semakin meningkat dalam masyarakat, sehingga dalam pelaksanaannya dibutuhkan perbagai pengetahuan yang relevan dengan pendekatan yang multidimensional. Demikian juga dengan bervariasinya tingkat perkembangan dan kondisi psikologi manusia menyebakan berbedanya pola dan pendekatan yang digunakan dalam bimbingan dan konseling terhadap klen sesuai dengan kondisi dan perkembangannya itu.Studi ini mencoba memnggambarkan pentingnya konseling terhadap Anak Usia Dini sebagaimana manusia lain pada umumnya. Anak usia dini salah satu objek yang tidak bisa dipisahkan dari konseling karena keberadaannya sangat menentukan keberhasilan dimasa depan.Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan data yang diperoleh dari referensi jurnal ilmiah. Evaluasi literatur menunjukkan bahwa Anak Usia Dini dengan berbagai karakter yang dimilikinya membutuhkan konseling sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya untuk menjalankan fitrahnya sebagai hamba Tuhan.

References

Abin Syamsuddin, Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017)
Andi Tahir, Psikologi Perkembangan Memahami Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dari Fase Prenatal sampai Akhir Kehidupan dengan dilengkapi Teori-Teori Perkembangan, (Yogyakarta: Andi Offset, 2022)
Frendi Fernando, Konsep Bimbingan Konseling Anak Usia Dini Serta Alternatif Media Melalui Permainan Tradisional, Journal of Early Childhood Education and Development (Vol.2 No. 1 Juni 2020)
https://badrulmozila.com/pengertian-visi-misi-menurut-para-ahli/
https://majoo.id/solusi/detail/visi-dan-misi
https://www.universitas123.com/news/bidang-bimbingan-konseling-yang-penting-untuk-kamu-tahu
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2013
Soegeng Santoso, Dasar-dasar Pendidikan TK, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2011)
Sukro Muhab, Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu (Jakarta : JSIT Indonesia
Suyadi, Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia, (Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2010)
Yusida Imran dan Hasan Basri, Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Padang: Sekretariat PGRI : 2018)
Published
2024-01-23
Section
Artikel Penelitian