Sejarah, Karakteristik dan Kelembagaan Surau di Minangkabau
History, Characteristics and Institutions of Surau in Minangkabau
Abstract
Surau merupakan Institusi yang banyak memberikan kontribusi dalam kemajuan Nusantara, terutama Sumatera Barat. Karakteristik pendidikan surau yang unik, mampu melahirkan banyak tokoh dari Minangkabau. Perkembangan surau pendidikan surau yang duulunya hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah, bagi kaum, masyarakat. Hari ini melebarkan sayapnya dengan berbagai karakteristik pengelola. Ada yang dalam lembaga formal, maupun dalam bentuk pembelajaran tasauf. Penelitian ini mengkaji aspek sejarah dan karakteristik pendidikan surau. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data yang diperoleh dari referensi jurnal ilmiah dan studi lapangan. Evaluasi literatur menunjukkan bahwa Pendidikan dasar sebagai pondasi awal menanamkan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan sehingga nenatinya menjadi bekal dalam mengharungi kehidupan.
References
Abdul Mukhlis, “Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara,” AL Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2017.
Abu Bakar Aceh, Pengantar Ilmu Tarekat. Cet. Ke 2, (Jakarta; FA,H.M. Tawi&Son Bag, 1996), 48.
Alwi Shihab, Akar Tasawuf Di Indonesia: Antara Tasawuf Sunni Dan Tasawuf Falsafi: (Depok; Pustaka Iman, 2009), 183
Amin Syukur, Tasawuf Konstekstual: Solusi Problem Manusia Modern,(Yogyakarta: Putaka,2013), 45-46
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Heni Yuliana Wati, dkk. Pesantren and Surau as Forms of Modern Islamic Education Traditions in Indonesia, Jurnal CIE
Ibnu Khaldun, Muqaddimah, (Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2020), h.865
https://an-nur.ac.id/pengertian-surau-dan-tradisi-keilmuan-surau/
Martin Van Bruinessen, Tarekat Naqsabandiyah Di Indonesia, (Bandung; Mizan,1992)
Masud Abidin, Tentang Sejarah Surau di Minangkabau, Yogyakarta : Cv. Gre Publishing
Mas’ud Zein, “Sistem Pendidikan Surau : Karakteristik, Isi Dan Literatur Keagamaan,” Ta’dib 8, No.1
(2012).
Ridwan Arif, Syekh ‘Abd Al-Rauf Al-Fansuri (RekonsiliasiTasawuf dan Syariat Abad ke-17 di Nusantara, Jakarta : Kompas Media, 2020, h.47
Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara,” AL Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2017.
WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta : Ballai Pustaka, 2011)