Nasehat Untuk Anak Usia Sekolah (SD/MI)

Advice For School Age Children (SD/MI)

  • Andi Fery Pascasarjana (S.3) Pendidikan Islam, UIN Imam Bonjol Padang
  • Gusril Kenedi Pascasarjana (S.3) Pendidikan Islam, UIN Imam Bonjol Padang
  • Afnibar Pascasarjana (S.3) Pendidikan Islam, UIN Imam Bonjol Padang
  • Ulfatmi Pascasarjana (S.3) Pendidikan Islam, UIN Imam Bonjol Padang
Keywords: Konseling, Sekolah Dasar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya bimbingan konseling terhadap Anak di Sekolah Dasar. Peserta didik merupakan individu yang sangat membutuhkan bimbingan untuk tercapainya keinginan minat bakat, cita-cita dan kepribadiannya dalam pembentukan sikap dan moralnya siswa diarahkan untuk mendapatkan bimbingan dari sekolah, dalam usia nya anak masih diarahkan dalam kemandiriannya, pemahaman dirinya, serta pengendalian dirinya. Bimbingan bisa mengarahkan anak-anak kepada aspek akademik, emosional, minat bakat, dan sosialnya. Bimbingan dan Konseling adalah suatu layanan pemberian bantuan yang dilakukan konselor kepada peserta didik, agar peserta didik dapat memahami dirinya sendiri, membuat keputusan, memahami potensi dirinya yang dimiliki, mengetahui bagaimana mengembangkan potensinya, dan memiliki sifat tanggung jawab atas keputusan-keputusan yang diambilnya

References

Abu Bakar M. Luddin, Dasar-dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik, Bandung: CV Perdana Mulya Sarana, 2010.
Anak Agung Ngurah Adhiputa, Bimbingan Dan Konseling, Aplikasi Di Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Asmani JM. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta : DIVA Press, 2010.
Dewa Ketut Sukardi, Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
Elfi Mu’awanah dan Rifa Hidayah, Bimbingan Konseling Islam di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Elihami, E. (2022). Supporting about ‘education’in elementary School: A review of literature. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42-48.
https://www.pendidik.co.id/pendidikan-dasar/
Oktora, S. W., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2017). Peningkatan Percaya Diri Dalam Siswanto, S. (2007). Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan, dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.
Prayitno. (2004). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Tjipta.
Salinan Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 tahun 2014Tentang Bimbingan dan konseling Pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Sutirna, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2013.
Zainal Aqib, Intisari Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Bandung : Yrama Widya, 2012.
Published
2024-01-22
Section
Artikel Penelitian