Pendidikan Islam di Inggris

Islamic education in England

  • Tabrani UIB IB Padang
  • Zulmuqim UIN IB Padang
  • M. Zalnur UIB IB Padang
Keywords: Pendidikan Islam, Kurikulum, Inggris

Abstract

Inggris merupakan salah satu negara modern yang memiliki beragam multi budaya. Kehidupan beragama di Inggris terlihat cukup harmonis dan walaupun sebagian besar beragama Kristen, namun penduduk beragama Islam juga mempunyai populasi cukup besar. Inggris salah satu negara di Eropah yang mempunyai mata uang tersendiri, yaitu Poundsterling, yang saat ini menjadi mata uang paling mahal di dunia. Inggris adalah salah satu negara kerajaan yang tergolong tertua di benua Eropa. Dalam sejarah perkembangannya, Inggris telah berhasil membina bangsanya menjadi salah satu bangsa yang dapat menguasai tujuh samudera dengan semboyannya “Rule the Waves” (kuasai seluruh gelombang samudera). Inggris adalah bangsa bahari yang mampu menguasai tujuh samudera itu dengan armada kapal-kapal dagangnya, juga kapal perangnya di masa silam.  United Kingdom (UK) adalah negara dengan sistem demokrasi parlementer. Pemerintah pada dasarnya dibentuk melalui partai politik yang menenangkan dukungan mayoritas di parlemen, khususnya di House of Commons. Sudah cukup lama dua partai besar yaitu Partai Buruh (Labour Party) dan Partai Konservatif (conservative Party) secara bergantian memenagkan pemilihan dan pemimpin, dan bertanggung jawab membentuk kabinet. Menteri negara urusan pendidikan dan ilmu pengetahuan sebagai pimpinan politik Departemen Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan adalah, menteri kabinet yang bertanggung jawab atas pendidikan di England, dan atas perguruan tinggi di seluruh Britania ray.

References

Abdullah, Amin. Studi Agama: Normativitas atau Historisitas?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Arifin, H. M. Ilmu Perbandingan Pendidikan. Jakarta: Golden Terayon Press, 2003.
Daulay, Haidar Putra dan Nurgaya Pasa, Rihlah Tarbiyah: Nilai-Nilai Pendidikan dari Pengalaman Perjalanan ke Manca Negara. Medan: IAIN Press, 2014.
Dwyer, C., & Meyer, A, The institutionalisation of Islam in the Netherlands and in the UK: the case of Islamic schools. Journal of Ethnic and Migration Studies, 21(1). 1995.
Good, H. G. A History Of Western Education. New York: The Macmillan Company, 1963.
Hilgendorf, E, Islamic education: History and tendency. Peabody Journal of Education, 78(2), 2003.
I.N. Thut & Don Adams, Pola-pola Pendidikan dalam Masyarakat Kontemporer, alih bahasa SPA Teamwork. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Ismail Suardi Wekke Dan Ambo Tang, Kultur Pendidikan Islam Di Minoritas Muslim Inggris. UIN Sunan Kalijaga, Jurnal Thaqãfiyyãt, Vol. 17, No.1, Juni 2016.
Makdisi, G, The Rise of Colleges. Institutions of Learning in Islam and the West. New York: Columbia University Press, 1981.
Mandaville, P, Islamic education in Britain: Approaches to religious knowledge in a pluralistic society. Schooling Islam: the culture and politics of modern Muslim education, 2007.
Nur, Agustiar Syah. Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara. Bandung: Lubuk Agung, 2001.
Soelaiman, T. A. Fauzi. Sistem Pendidikan di Inggris. London: Kantor Atase Pendidikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia, 2014.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 37 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kelola Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 17 Tahun 2017 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada TK, SD SMP, SMA, SMK atau yang Sederajat.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Satuan Pendidikan Muadalah Pada Pondok Pesantren.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Ma’had Aly.
http://www. bbc.com
http://www.ceseducation.org.
http://ddhongkong.org
http://www.ox.ac.uk
www.hotcourses.co.id.
http/www.laskarislam.com
Published
2024-01-20
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)