Manusia dalam Filsafat Pendidikan Islam
Man in the Philosophy of Islamic Education
Abstract
Tulisan ini akan membincangkan esensi manusia, dengan menggunakan pendekatan fenomena dan kejadian manusia secara reflektif menurut informasi al Qur’an. Di samping itu mengkritisi dengan kaidah pembacaan al Qur’an secara ilmiah. Oleh sebab itu, tulisan ini akan menjadikan manusia sebagai objek kajian dengan menyertakan pandangan teoritis tentang manusia sebagaimana termuat dalam ayat-ayat Al Qur’an al Karim. Pada saat yang bersamaan juga menyertakan tema berupa tugas, tujuan hidup manusia serta implikasinya dalam pendidikan Islam sebagai pisau analisis dalam tulisan ini. Di dalam tulisan ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) merupakan sebuah uraian atau deskripsi tentang literatur yang relevan dengan bidang atau topik tertentu. Peneliti menggunakan riset dokumen (Content Analisis). Content Analisis merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi. yaitu dengan menganalisa kajian tentang manusia dalam filsafat pendidikan Islam. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan pada hakikatnya manusia sebagaimana termuat dalam ayat-ayat Al Qur’an al Karim, meliputi tugas, tujuan hidupnya berimplikasi langsung dalam pendidikan Islam. Implikasinya dalam pendidikan Islam dapat terefleksikan sebagai berikit: Pertama Pengembangan potensi manusia sebagai objek sekaligus subjek pendidikan Islam, kedua desain pendidikan Islam berbasis nilai-nilai ketuhanan, dan ketiga penyelenggaraan pendidikan yang menyeimbangkan pemenuhan kehidupan duniawi dan ukhrawi sebagai pengejawantahan tujuan hidup manusia yang Islami.
References
al-Asfahaniy, Abu al-Qasim Abu al-Husain bin Muhammad al-Raghib, al-Mufradat Alfaz al-Qur’an, Damsyik: Dar al-Qalam, 1992
Al Munawar, Said Agil Husin, Aktualisasi Nilai-nilai Pendidikan dalam al Qur’an, Jakarta: Ciputat Press, 2005
al Baqiy, Syaikh Ilmi Zadeh Fu'ad Abd., Fathur Rahman li Thalibi Ayatil-Qur'an, Indonesia: Makatabah Dahlan, tt.
Baqi’, Muhammad Fu’ad Abdul, al-Mu’jam al-Mufahras li al-fadz al-Qur’an al-Karim Qahirah: Dar al-Hadits, 1998
Charle, Christophe, Homo Historicus: Réflexions sur l’histoire, les Historiens et les Sciences Sociales, Paris: Armand Colin, 2013
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Cet.VI.,Jakarta: Bumi Aksara, 2006
al-Farmawi. ‘Abd al-Hayy, Al Bidayah fi al Tafsir al Maudhu’i, Mathba’at alHidharat al-‘Arabiyah: 1977
Hendrizal, Mengupas Problema Kependidikan, Padang:LPPM Universitas Bung Hatta, 2019
Lajnah Pentashih al Qur’an, Badan Litbang Kementerian Agama RI dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al Qur’an dan Sains, Jakarta: Kemenag RI, 2012
Malaka, Tan, Madilog: Materialisme, Dialektika dan Logika, Jakarta: LPPM Tan Malaka, 2008
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Rahardjo, M. Dawam, Ensiklopedi Al-Quran, Cet. I; Jakarta: Paramadina, 199
Salim, Abd. Muin, Fiqhi Siyasah, Konsepsi Kekuasaan Politik Dalam Alquran, Cet. I, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 1994
Shihab, M Quraish, Wawasan Alquran, Tafsir Maudhuiy atas Berbagai Persoalan Umat Cet. III: Bandung; Mizan, 1996
Syarif,M.M., Para Filosof Muslim, Bandung, Mizan, 199
Syofyan, Muhammad, Tafsir wal Mufassirun, Medan: Perdana Publishing, 2015
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008
Suharto, Toto, Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2014
Yunus, Mahmud, Tafsir Qur’an Karim, Jakarta: Hidakarya Agung, 198
Zakariya, Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin, Mu’jam Maqayis al-Lugah, Juz I Mesir: Mustafa al-Bab al-Halabi wa Syarikah, 1972
Zulmuqim, Filsafat Pendidikan Islam (Konsepsi, Prinsip dan Aplikasi), Padang: Hayfa Press, 2013
AM., Rusydi, Penafsiran Kisah Luqman dalam Al Qur'an:Relevansinya dengan Pendidikan Keimanan dalam Keluarga, Jurnal Ulunnuha Vol. 8 No.1/Juni 2019
Kochler, Hans, The Phenomenology of Karol Wojtyla. On the Problem of the Phenomenological Foundation of Anthropology, in: "Philosophy and Phenomenological Research", Vol. 42 (1982)
Muhammad Kosim, Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tadris: Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 15 No.1, 2020
Palindangan, Linus K., Tinjauan Filosofis Tentang Hidup, Tujuan Hidup Kejahatan, Takdir, dan Perjuangan, Jurnal Ilmiah Widya, Tahun 29 Nomor 319 April 2012
Al-Sadr, Muhammad Baqir, Pendekatan Tematik terhadap Tafsir al-Qur’an, Ulumul Qur'an, Jurnal Ilmu dan Kebudayaan, No.4, Vol.1, 1990/1410H
Sanaky, Hujair A. H., Metode Tafsir: Perkembangan Metode Tafsir Mengikuti Warna atau Corak Mufassirin, al-Mawarid: Jurnal Syari’ah dan Hukum, Edisi XVIII Tahun 2008
Shaleh, Ilham, Filsafat dlam Jiwa Al Qur'an, Jurnal Adabiyah Vol. XIV Nomor I/2014,
Wahidin, Ade, Wahyu dan Akal dalam Al Qur'an, Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol 2, No 02 (2015)
Kamus Al Ma’any, https://www.almaany.com/
Abdul Jabbar, M. Dhuha N. Burhanuddin. Ensiklopedia Makna al-Qur’an: Syarah Alfazhul Qur’an. Bandung: Fitrah Rabbani, 2012
Arifin,M. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014
Bakry, Sama’un. Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004
Departemen Pendidikan Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013
Fauziyah, Siti. “Konsep Fitrah dan Bedanya dengan Aliran Nativisme, Emperisme, dan Konvergensi” dalam Jurnal Aqalania, Vol. 08, No. 01 (Januari-Juni) 2017
Harisah,Afifuddin. Filsafat Pendidikan Islam: Prinsip dan Dasar Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish, 2018
Hidayat, Rahmat, Henni Syafriana Nasution. Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam . Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2016
Jalaluddin, Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001
Jarome, Kirk and Marc Miller, Reability and Validity in Qualitative Research. Beverly Hill: Sage Publication, 1986
Junaidi. “Konsep Fitrah, Biologisme, Sosiologisme, dan Konvergensi” dalam Jurnal IAIN Langsa
Khon, Abdul Majid. Hadis Tarbawi: Hadis-hadis Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015
Kosmajadi, E. A. Yunus. Filsafat Pendidikan Islam. Majalengka, Unit Penerbitan Universitas Majalengka, 2015
Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Alhusna Baru, 2004
Moloeng, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007
Majma’ al-Lughah al-’Arabiyah. al-Mu’jam al-Wajiz Mesir: Wazarah al-Tarbiyah, wa al-Ta’lim, 1997
Mubarok, Achmad. Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern: Jiwa dalam al-Qur’an. Jakarta: Paramadina, 2000
Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir : Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif, 2002
Rajabi, Mahmoud. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda, 2006
Sevills,Consuselo G., Jesus A. Ochave, Pengantar Metode Penelitian, terj. Alimuddin. Jakarta: UI-Press, 2006
Shihab, Muhammad Quraish. Membumikan al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1995
---------------------------------. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2010
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin, Basic Qualitative Research Grounded Theory Procedures and Technique, terj. Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqien, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif Tata Langkah dan Teknik-teknik Teorisasi Data. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2003
Thabrani, Abdul Muis. Filsafat Pendidikan Islam. Jember: IAIN Jember Press, 2015
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggaraan Penterjemahan dan Tafsir al-Qur’an, 1973
Zaini, Syahminan. Prinsip-Prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 1986