Analisis Penerapan SAK EMKM pada Usaha Toko Pakaian di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala

Analysis of the Implementation of SAK EMKM in Clothing Shop Businesses in Siboang Village, Sojol District, Donggala Regency

  • Ela Universitas Abdul Azis Lamadjido (AZLAM)
  • Olivia H. Munayang Universitas Abdul Azis Lamadjido (AZLAM)
  • Siti Zuhroh Universitas Abdul Azis Lamadjido (AZLAM)
Keywords: Penerapan, Akuntansi, SAK EMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian akuntansi yang dilakukan pada usaha toko pakaian di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala dengan konsep dasar akuntansi yang berlaku dalam Sistem Akuntansi Keuangan Badan Usaha Mikro dan Menengah (SAK EMKM). Penulis melakukan penelitian terhadap 3 usaha toko pakaian yang ada di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik pengamatan/observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pencatatan yang dilakukan oleh pengusaha toko pakaian belum sesuai dengan konsep dasar akuntansi, usaha toko pakaian di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala belum menerapkan Sistem Akuntansi Keuangan Menengah ( SAK EMKM), seperti tidak memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Sistem pencatatan sederhana berupa catatan harian.

References

Iswandi, I. (2021). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah (EMKM) Pada Usaha Dagang Toko Rizky Busana Tahun 2019.
Jurnal Mitra manajemen, 12(1), 83-98.
Jurana. 2017. “Pembebasan Mind Set Akuntan Pendidik Melalui Pembelajaran Filsafat Ilmu dan Spritual”. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, Vol. 8, No.1, hlm: 107- 125.
Kartikahadi. 2012. Akuntansi keuangan berdasarkan SAK berbasis IFS. Jakarta. Salemba empat

Kamayanti, A. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan. Penerbit Peneleh.
Muhadjir, N. 1996. Metodologi penelitian kualitatif: pendekatan positivistic, rasionalistik, phenomenologik, dan realisme metaphisik telah studi teks dan penelitian agama. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Moleong, L. J. 2007. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riyanto, Rum. 2011. Keberadaan pajak UMKM bagi pembangunan Indonesia. Undang-undang nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Raja, oskar, dkk. 2010. Kiat sukses mendirikan dan mengelola UMKM. Jakarta. El press.
Rosdiana. 2011. Pengantar ilmu pajak kebijakan dan implementasi di indonesia. Jakarta. Visimedia
Rahadiansyah, R. (2018). Penerapan standar akuntasi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (sak emkm) pada umkm keripik tempe rohani sanan kota malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Sariati. 2014. Pelaporan dan laporan keuangan. Yogyakarta. Graha ilmu
Saryono, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, 1 ed. Bandung: PTAlfabeta.
Sugiyono (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Utari, R., Harahap, I., & Syahbudi, M.(2022). Penerapan SAK EMKM Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(3), 491- 498.
Published
2023-09-06
Section
Artikel Penelitian