FAKTOR YANG YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN DI DESA TA,ANIUGE KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG

  • Arlin Arlin Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Sudirman Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Afni Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatan kesadaran, kemauan dan kemamapuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setingi-tingginya, kesehatan merupakan fenomena sosial, pelayanan kesehatan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan tetapi juga dipengaruhi oleh faktor prilaku dan lingkungan, salah satu faktor lingkungan adalah kebiasaan masyarkat yang masih buang air besar sembarangan (BABS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pengetahuan msyarakat, ketersedian air, kepemilikan lahan, pendapatan masyarakat dan peran petugas kesehatan terhadap kepemilikan jamban di Desa Ta,aniuge Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 75 responden dari 299 KK yang ada didesa Ta’aniuge Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Hasil Penelitian yang dilakukan ada hubungan antara pengetahuan (P-value) 0,000 (P<0,05). Ada hubungan antara ketersediaan air (P = 0,000 (P < 0,05) Ada hubungan antara pendapatan masyarakat P=0,001 (P<0,05). Ada Hubungan kepemilikan lahan (P-value) 0,0012 (P<0,05). Ada Hubungan peran petugas P=0,001 (P<0,05) dengan kepemilikan jamban di Desa Ta,aniuge Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Disarankan Kepada Pihak terkait terutama pemerintah desa Ta,aniuge agar menganggarkan dari dana desa untuk pembangunan jamban sederhana bagi masyarakat berpendapatan rendah,pihak puskesmas bekerja sama dengan pemerintah desa melakukan pemicuan CLTS dan melakukan pelatihan kader kesehatan lingkungan.

Author Biographies

Arlin Arlin, Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Sudirman Sudirman, Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Nur Afni, Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

AMPL Pemkab. Bandung 2015,Syarat jamban sehat.

Arsyad Ansyayari.,dr, 2017, Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng Tahun 2016

Arlin, 2016.Profil kesehatan lingkungan puskesmas Tomini tahun 2016 Parigi Moutong (tidak dipublikasikan)

Faisal, dkk. 2014, Faktor-faktor yang berhubungan dengan rendahnya kepemilikan jamban keluarga dan personal hygiene dengan kejadian diare di desa Sei Musam Kendit Kecamatan Bahorok Kabupaten langkat 2014.Jurnal, diakses dari Asma Nurse.blogspot.com>2014/08>ski.

Feri Ariza, 2015. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepemilikan jamban sehat di kenagarian Kurai kecamatan Suliki Kabupaten Lima Pulu Kota tahun 2015. Jurnal: scholar.unaid.ac.id.

Darsono, I Nengah. dkk. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepemilikan jamban keluarga didesa Jehem kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli tahun 2014.

Kepmenkes RI, 2014, Kurikulum dan modul pelatihan fasilitator STBM.

Misna, 2014 Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepemilikan jamban di desa Amal kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.FKM Universitas Muhammdiyah Palu.

Sanitarian SMART, 2017, SMART sanitarian update 29-04-2017

Swastika, I Gede. 2010, Faktor yang mempengaruhi ketersediaan saptic tank dan pemanfaatan sewerage system pada masyarakat di kelurahan Dangin Puri kecamatan Denpasar Timur Tahun 2016,Jurnal : www.researchgate.net

Published
2018-11-14
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>