Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Bina San Prima Palu
Customer's Value to Satisfaction Consumer at PT. Bina San Prima Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui dan menganalisis nilai pelanggan yang terdiri dari nilai fungsional, nilai sosial, nilai emosional secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Bina San Prima Palu. Sampel penelitian ini sebanyak 53 apotik di Kecamatan Palu Timur dan Mantikulore. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pengaruh nilai pelanggan (nilai fungsional, nilai sosial dan nilai emosional) secara silmultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Bina San Prima Palu. Dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan analisis model regresi (model regression), diperoleh F-hitung sebesar 58,725 > Ftabel 4,023 dengan tingkat probabilitas 0,000 (signifikan), dengan nilai probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel nilai fungsional (X1), nilai sosial (X2), dan nilai emosional (X3) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) pada PT. Bina San Prima. Dari hasil perhitungan t-hitung X1 = 3,769 > t-tabel sebesar 1,674 pada taraf kesalahan 5% atau nilai probabilitas 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel nilai fungsional (X1) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) pada PT. Bina San Prima. Dari hasil perhitungan t-hitung X2 = 6,243 > t-tabel sebesar 1,674 pada taraf kesalahan 5% atau nilai probabilitas 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel nilai sosial (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) pada PT. Bina San Prima. Dari hasil perhitungan t-hitung X3 = 2,410 > t-tabel sebesar 1,674 pada taraf kesalahan 5% atau nilai probabilitas 0,020 <0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel nilai emosional (X3) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) pada PT. Bina San Prima.
References
Bayu Baskara. 2018. Analisis Pengaruh Nilai Fungsional, Nilai Emosional Dan Nilai Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen Motor Yamaha Vixion (Studi Pada Yamaha Vixion Club Indonesia). Naskah Publikasi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Danang Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS. Yogyakarta.
Erik Sudarso. 2016. Kualitas Layanan, Nilai Fungsional, Nilai Emosional, dan Kepuasan Konsumen : Sebuah Studi Kasus. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol. 5, No. 3. Hal. 165 - 178.
Karim, Abdul Haris. 2009. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Getok Tular Pengguna Telepon Cellular di Kota Palu. Tesis. Palu. Program Pascasarjana. Universitas Tadulako.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1,. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Masri, Singarimbun, dan Sofian Effendi. 2001. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.
Mohammad Ridwan dan Palupiningdyah. 2014. Pengaruh Nilai Emosional, Nilai Sosial Dan Nilai Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Yamaha Harpindo Jaya Semarang. Management Analysis Journal. ISSN 2252-6552. Hal. 1-6.
Sudarmanto R. Gunawan. 2004. Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. 1th. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Supranto, J. 1997. Pengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta. Jakarta.
Vanessa. 2007. Costumer Relationship Management and Marketing. Public Relation. Alfabeta. Bandung.
Wahyuningsih. 2011. “Nilai Pelanggan:Konsep dan Strategiâ€. Jurnal Megadigma. Vol. 4, No. 1, Januari 2011: 65-77.