Hububgan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Mabelopura Kota Palu

The Relationship between Service Quality and BPJS Health Patient Satisfaction at the Mabelopura Health Center, Palu City

  • Muhammad Anzar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Sudirman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ananda Dwi Saputra Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti fisik

Abstract

Kepuasan pasien merupakan sebuah keberhasilan pelayanannkesehatannserta perihal yang paling wajib dicapai oleh tiap sarana kesehatan. Mutu pelayanan merupakan suatu wujud evaluasi pasien terhadap pelayanan yang diterima. Sebagian penelitian meggunakan indicator kepuasan untuk memberi penilaian terhadap mutu  -pelayanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional,  Populasi dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Sampel yang digunakan adalah Lamesshow estinasi. Uji yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan Uji Person. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara mutu pelayanan dengan reliabilitas dengan   p value = 0,844 (p<0.05), ada hubungan antara daya tanggap dengan  p value = 0,870 (p<0,05),ada hubungan antara Jaminan dengan p value = 0,833 (p<0.05), ada hubungan antara Empaty dengan p value = 0,757 (p<0,05) dan ada hubungan antara Bukti Fisik dengan p value = 0,734 (p<0,05).

References

1. Hartati CS. Analisis Mutu Pelayanan Dalam Rangka Peningkatan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Cepu. J Mitra Manaj. 2020;4(4):607–20.
2. Organization WH. The World Health Report 2001: Mental health: new understanding, new hope. 2001;
3. Ulumiyah NH. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien di puskesmas. J Adm Kesehat Indones. 2018;6(2):149–55.
4. RI K. Peraturan menteri kesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang standar pelayanan puskesmas. Jakarta Kemenkes RI. 2014;
5. Kemenkes RI. Pedoman gizi seimbang. Jakarta Kemenkes RI. 2014;
6. Adiputra IMS, Trisnadewi NW, Oktaviani NPW, Munthe SA, Hulu VT, Budiastutik I, et al. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis; 2021.
7. Riyanto S, Hatmawan AA. Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish; 2020.
8. Ulinuha FE. Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan di Unit Rawat Jalan (URJ) Rumah Sakit Permata Medika Semarang Tahun 2014. Semarang Univ Dian Nuswantoro. 2014;
Published
2022-06-11
Section
Artikel Penelitian