Analisis Pengendalian Kuantitas Produksi dengan Menggunakan Metode Just In Time (JIT) pada Usaha Dagang Mastura di Kota Palu

Production Quantity Control Analysis Using Just in Time (JIT) Method in Mastura Trading Business in Palu City

  • Sri Endang Rahayu Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Farid Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Burhanuddin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Just In Time Pembelian, Bahan Baku, Biaya Penyimpanan Bahan Baku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian kuantitas produksi dengan menggunakan metode Just In Time (JIT) pada UD. MASTURA Kota Palu selama tahun 2020, terhitung sejak bulan januari 2020 sampai dengan bulan desember 2020. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari UD. MASTURA Kota palu berupa bahan baku, pengadaan bahan baku, dan biaya penyimpanan bahan baku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode just in time (JIT) yaitu membandingkan kebijakan perusahaan dengan metode just in time (JIT). Studi ini menemukan bahwa dengan menggunakan metode just in time (JIT), perusahaan dapat menghemat biaya karena perusahaan tidak perlu lagi menanggung biaya penyimpanan bahan baku kayu daerah, kayu palado dan kayu palapi. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode just in time (JIT), penelitian ini menemukan perbedaan total biaya bulan januari-desember tahun 2020 yang terdiri dari penghematan total bahan baku kayu daerah, kayu palado dan kayu palapi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan perusahaan setiap bulannya pada tahun 2020. UD. MASTURA Kota Palu menerapkan metode just in time (JIT) dalam menentukan kuantitas pembelian bahan baku yang optimal. Biaya pembelian bahan baku dengan menggunakan kebijakan perusahaan sebesar 1.270.000 sedangkan biaya pembelian bahan baku dengan menggunakan metode just in time (JIT) sebesar 1.161.895 dalam perbandingan tersebut dapat kita lihat bahwa penghematan sebesar 108.105. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pengendalian kuantitas produksi dengan menggunakan metode just in time kota palu lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan kebijakan perusahaan itu sendiri.

References

1. Fyanda DA, Ula M, Asrianda A. IMPLEMENTASI FUZZY TIME SERIES PADA PERAMALAN PENJUALAN TABUNG GAS LPG DI UD. SAMUDERA LPG LHOKSEUMAWE. J Sist Inf. 2017;1(1).
2. Azizah IN, Lestari RN, Purba HH. Penerapan metode Quality Function Deployment dalam memenuhi kepuasan konsumen pada industri komponen otomotif. J Tek Ind. 2018;19(2):127–36.
3. Hunusalela ZF. Model Inventory Perishable Material dengan Mempertimbangkan Faktor Kapasitas Gudang Penyimpanan Bahan Baku PT. So Good Food Manufacturing. J Ind Serv. 2016;1(2).
4. Nur Ilham M. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) Pada PT. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur). Universitas Hasanuddin; 2012.
5. Juliasari N, Ardyan D. APLIKASI MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN RUANG SERVER PT HERO SUPERMARKET Tbk. Telemat MKOM. 2016;5(1):183–7.
Published
2021-11-06
Section
Articles