Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Penanganan Dampak Pemberian Vaksin DPT HB HIB di Desa Minti Makmur Wilayah Kerja Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala

Factors Relating to Handling the Impact of Giving DPT HB HIB Vaccine in Minti Makmur Village Working Area of Lalundu Health Center, Donggala Regency

  • Amir Amir Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Supriadi Abdul Malik Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Arifuddin Arifuddin Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Baharuddin condeng Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
Keywords: Dampak, Vaksin

Abstract

Latar Belakang: Tidak ada satupun jenis vaksin yang aman tanpa efek samping, gejala dapat timbul secara cepat maupun lambat. Reaksi KIPI dapat terjadi secara lokal, sistemik, reaksi susunan saraf pusat, serta reaksi lainnya seperti reaksi alergi dan  reaksi anafilaksi, sehingga apabila seorang anak telah mendapatkan imunisasi maka perlu diobservasi beberapa saat sehingga dapat dipastikan tidak terjadi KIPI (Kejadian ikutan pasca imunusasi). Lama waktu observasi umumnya 15 menit setelah pemberian setiap jenis imunisasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan dampak pemberian vaksin DPT HB HIB di Desa Minti Makmur Wilayah Kerja Puskesmas Lalundu.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional (potong lintang) yaitu suatu penelitian dimana faktor risiko atau penyebab dan efeknya diambil pada saat bersamaan.

Hasil: Uji statistik nilai p value: 0,000 (p value ≤ 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara pedidikan ibu dengan dampak pemberian vaksin DPT HB HIB dan Hasil uji statistik nilai p value: 0,013 (p value ≤ 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada hubungan usia ibu dengan penanganan dampak pemberian vaksin DPT HB HIB di Desa Minti Makmur Wilayah Kerja Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala.

References

1. Ranuh IGN, SuyitnoH H, SRS K, Izmoedijanto S. Pedoman Imunisasi di Indonesia Edisi Keempat. Jakarta Badan Penerbit Ikat Dr Anak Indones. 2011;
2. PP DP-D. PL (Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI), 2013. Menkes Luncurkan Vaksin Penta Val dan Progr Imunisasi Lanjutan Bagi Balita Diakses di www depkes go id.
3. Proverawati A, Andhini CSD. Imunisasi dan vaksinasi. Yogyakarta Nuha Med. 2010;
4. Rustika SS. Buku ajar metodologi riset keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Media; 2013.
5. Yuviska IA, Amirus K. ANALISIS FAKTOR RISIKO TERJADINYA KANKER SERVIKS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. H ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG. Holistik J Kesehat. 2015;9(1).
Published
2022-04-07
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)