Gambaran Pengetahuan dan Sikap Beban Kerja dengan Stres Kerja Perawat di Rumah Sakit Jiwa: Literatur Review

Description of Knowledge and Attitude of Workload with Work Stress of Nurses in Mental Hospitals: Literature Review

  • Junaidi Junaidi Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Zainul Zainul Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Udin Udin Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Lili Suryani Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
Keywords: Beban Kerja, Stres Kerja, Rumah Sakit Jiwa

Abstract

Beban kerja perawat Rumah Sakit Jiwa yang begitu banyak menyebabkan stress kerja terhadap lingkungan kerja yang dapat mengancam dan memberi tekanan secara psikologis, fisiologis, dan sikap individu. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji mengenai gambaran pengetahuan dan sikap, beban kerja dengan stres perawat RS Jiwa. Tujuan penelitian mengetahui gambaran pengetahuan beban kerja dengan stres perawat RS Jiwa dan untuk mengetahui sikap beban kerja dengan stres perawat RS Jiwa. Jenis penelitian ini adalah penelitian metaanalisis dengan menggunakan pendekatan literatur review. Pencarian literatur dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pengetahuan perawat terhadap beban kerja tinggi dan pengetahuan perawat terhadap stress kerja adalah sedang ini mengindikasikan bahwa Beban kerja tinggi pada perawat di rumah sakit jiwa terjadi karena belum ada tenaga khusus yang melakukan tindakan non keperawatan Situasi yang terus menerus terjadi membuat perawat merasa jenuh maupun kelelahan dengan suasana lingkungannya bahkan perawat kadang pulang lebih awal sebelum jam shif selesai dan datang lebih lama setelah jam istrahat; Sikap beban kerja dan stress kerja perawat tergolong pada tingkatan menerima karena perawat di RSJ masih memperhatikan pasien baik dari segi perawatan maupun pengobatan terhadap pasien. Walaupun memiliki beban kerja yang tinggi. Pengetahuan beban kerja dan stress kerja perawat bahwa beban kerja dan stress perawat Rumah Sakit Jiwa sangat tinggi di 2 rumah sakit yang dianalisis sesuai dengan jurnal yang di ambil oleh peneliti. Ini menujukkan bahwa adanya tuntutan kerja yang tidak dapat di lakukan oleh perawat tersebut; Sikap beban kerja dan stress kerja perawat RS Jiwa tergolong pada tingkatan bertanggungjawab karena perawat masih melayani pasien di RSJ walaupun tingkat beban kerja dan stress kerja sedang. Penelitian ini diharapkan kepada Instansi pendidikan untuk meningkatkan dan memperluas sumber informasi dan wacana kepustakaan terkait dengan pengetahuan dan sikap beban kerja dengan stres perawat RS Jiwa.

References

NIOSH. Exposure to Stress Occupational Hazards in Hospital. 2010.

Tantra S, Larasati T. Faktor-Faktor Sosial yang Mempengaruhi Stres Kerja Social Factors Affecting Job Stress. J Major. 2015;4(9):58–63.

Moustaka E, Theodoros C C. Sources and effects of work-related stress in nursing. Heal Sci J. 2010;4(4):210–6.

Revalicha S. Jurnal Perbedaan Stres Kerja ditinjau dari Shift Kerja pada Perawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. 2013;

Riskesdas. hasil utama riskesdas. 2018. 2018.

Wijono S. Psikologi Industri Dan Organisasi. jakarta: Kencana; 2010.

Romadhoni RD, Pudjirahardjo WJ. Beban Kerja Obyektif Tenaga Perawat di Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit. J Adm Kesehat Indones. 2016;4(1):57.

Kurniadi A. Manajemen Keperawatan dan Prospektifnya;Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2013.

O’Connor AM, Auvermann BW, Dzikamunhenga RS, Glanville JM, Higgins J, Kirychuk SP, et al. Authors’ response to comments from Nachman KE et al. Syst Rev. 2017;6(1):1–3.

Nursalam, P. H., & Hons MN (n. d. ). Penulisan Literatur Review dan Systematic Review pada Pendidikan Kesehatan. Surabaya: Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga; 2020.

Andrianti S, Ikhsan I, Nurlaili N, Sardaniah S. Hubungan Beban Kerja dengan Stres Kerja Ppda Perawat di Rumah Sakit Raflesia Kota Bengkulu. J Vokasi Keperawatan. 2019;2(2):87–101.

Aini F, Purwaningsih P. Hubungan antara beban kerja dengan stres kerja perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Semarang. J Manaj Keperawatan. 2013;1(1).

Natoatmodjo. promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. In: rineka cipta jakarta. 2014.

umansky, J. dan Rantanen E. workload in nursing proceedings of the human and ergonomics society 2016. Annu Meet rochester Inst Technol new york. 2016;2(01):16–24.

Umansky J, Rantanen E. Workload in nursing. In: Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA; 2016. p. 551–5.

Published
2021-10-15
Section
Artikel Penelitian