Hubungan Pengetahuan dan Peran Perawat dengan Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan di IGD RS Bhayangkara Palu

The Relationship between Knowledge and Role of Nurses with First Aid for Accident Victims at the Emergency Room at Bhayangkara Hospital Palu

  • Iwan Iwan Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Supriadi Abdul Malik Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Ismunandar Ismunandar Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Irsanty Collein Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
  • Nurlailah Umar Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan
Keywords: Pertolongan Pertama, Pengetahuan, Peran Perawat

Abstract

Latar Belakang: Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah kesehatan masyarakat diseluruh dunia sehingga dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan dipengaruhi pengetahuan dan peran perawat mengenai pertolongan pertama. Kasus kecelakaan di Sulawesi Tengah mengalami peningkatan yaitu 564 kasus dan data pasien kecelakaan di RS Bhayangkara Palu sebanyak 192 kasus.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya hubungan pengetahuan dan peran perawat dengan pertolongan pertama korban kecelakaan di IGD RS Bhayangkara Palu.

Metode: Jenis penelitian ini yaitu penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Tempat penelitian yaitu IGD RS Bhayangkara Palu. Populasinya adalah berjumlah 30 orang dengan tehnik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis distribusi frekuensi dan uji Chi-Square.

Hasil: Penelitian pengetahuan dengan pertolongan pertama menggunakan uji statistik Chi-Square diperoleh  value yaitu 0,04 (p<0,05) artinya ada hubungan pengetahuan dengan pertolongan pertama pada korban kecelakaan dan hasil penelitian peran perawat dengan pertolongan pertama menggunakan uji statistik Chi-Square diperoleh  value yaitu 0,010 ( 0,05) artinya ada hubungan peran perawat  dengan pertolongan pertama pada korban kecelakaan di IGD RS Bhayangkara Palu.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan pertolongan pertama korban kecelakaan dan ada hubungan peran perawat dengan pertolongan pertama korban kecelakaan di IGD RS Bhayangkara Palu. Saran direkomendasikan kepada pelayanan kesehatan dapat menambah informasi dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di IGD RS Bhayangkara Palu, khususnya pada penanganan kasus kecelakaan.

References

1. Humardani A. Hubungan Pengetahuan Tentang Peran Perawat Ugd Dengan Sikap Dalam Penanganan Pertolongan Pertama Pada Pasien Gawat Darurat Kecelakaan Lalulintas. Universitas Muhammdiyah ponorogo; 2016.
2. Wawan A, Dewi M. Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta Nuha Med. 2010;12.
3. Snyder S, Berman A. Kozier & Erb’s fundamentals of nursing concepts, process, and practice. United States of America: Pearson Prentice Hall; 2014.
4. Riyadina W, Subik IP. Profil keparahan cedera pada korban kecelakaan sepeda motor di Instalasi Gawat Darurat RSUP Fatmawati. Universa Med. 2007;26(2):64–72.
5. Sholeha D. Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara; 2018.
6. Notoatmodjo S. Metode Penelitian Kesehatan Edisi. Revisi Jakarta: Rineka Cipta. 2014;
Published
2022-04-18
Section
Artikel Penelitian