Analisis Penggunaan Dana Bantuan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kelurahan Birobuli Utara Kota Palu

An Analysis of the Use of the Fund of “Lestari” Food House Area in North Birobuli

  • Badarudin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Burhanuddin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Dasa Febrianti Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Penggunaan dana, kawasan rumah pangan lestari

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifnya penggunaan dana bantuan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) oleh dua kelompok yang berada di Kelurahan Birobuli Utara Kota Palu. Adapun hasil penelitian menggambarkan alokasi anggaran kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan lahan pekarangan melalui kawasan rumah pangan lestari (KRPL) pada kelompok dota singgani dan kasuari di Kelurahan Birobuli Utara Kota Palu  yaitu Kelompok wanita pelaksana kawasan rumah pangan lestari (KRPL) diberikan dana bantuan pemerintah sebesar Rp 15.000.000 (lima belas juta rupiah). Pengelolaan  kawasan rumah pangan lestari (KRPL) di Kelurahan Biroburi Utara dikelola ibu dasa wisma dota singgani dan kasuari dengan pemanfaatan pekarangan  untuk di tanam benih bibit sayur-sayuran. Kemampuan dari kedua kelompok ibu-ibu dasa wisma dota singgani dan kasuari dalam memanfaatkan program kawasan rumah pangan lestari (KRPL), terlihat dari dampak yang terima oleh kedua kelompok tersebut. Program kawasan rumah pangan lestari (KRPL) di Kelurahan Birobuli Utara guna pemberdayaan ibu-ibu dasa wisma pada kelompok dota singgani dan kasuari memberikan  pengetahuan tambahan tentang bahan organik, serta  keterampilan pada teknik budidaya tanaman sayur-sayuran, bumbu dapur dan mengola hasil panen yang ada di lahan pekarangan.

References

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta. Bandung.
Ayub M. Padangaran. 2011. Manajemen Proyek Pengembangan Masyarakat. Unhalu Press. Kendari.
Dunn, William. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada University. Jogjakarta.
Dhaniel Syam, Novitasari Agus Saputri dan Aviani Widyastuti. 2018. Analisis ADDED Value Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Terhadap Ekonomi Rumah Tangga (Studi Kasus Pada Kelompok Wanikta Tani “Dewi Sri” Kota Batu). Jurnal Inovasi Ekonomi. Vol. 03. No. 02. Hal. 73-82.
Dwi Sugitarima Oka I Gusti Ayu, Dwi Putra Drmawan dan Ni Wayan Sri Astiti. 2016. Keberhasilan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) pada Kelompok Wanita Tani di Kabupaten Gianyar. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 4. No. 2. Hal. 133-146.
Dyck, B & Neubert, M. J. 2009. Principles of Management. South-Western: Cengage Learning.
Edi, Suharto. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Refika Aditama. Bandung.
Eko Sutoro. 2004. Reformasi Politik dan Pemberdayaan Masyarakat, APMD. Press, Yogyakarta.
Kementerian Pertanian. 2011. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Kementerian Pertanian. Jakarta.
Kementerian Pertanian. 2017. Petunjuk Tenis Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tahun 2018. Badan Ketahanan Pangan. Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan. Jakarta.
Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Penerbit Alfabeta. Bandung.
M.Burhan, Bungin. 2009. Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 3. Kencana. Prenada Media Group. Jakarta.
Robbins, Stephen P., and Mary Coulter. 2012. Management. 11th. Prentice Hall., New Jersey
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Bagi Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
Toto Mardikanto, Poerwowo Soeboto. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta. Bandung.
Usman Effendi. 2014. Asas-Asas Manajemen. Rajawali Pers. Jakarta
Widjaja. A.W. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. PT. Bumi. Aksara. Jakarta.
Wirawan. 2012. Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Rajawali Press. Jakarta.
Winda Sari. 2012. Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Pepustakaan. Jurnal Imu Informasi Kepustakaan dan Kearsipan. Vol. 1 No. 1. hal. 39-48.
Yusuf, Farida. 2008. Evaluasi Program Dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012, Pasal 60 UU No 18/2012, tentang Pangan
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015, Pasal 26 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.
Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 73/Kpts/Rc.110/J/12/2016 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Pemerintah Lingkup Badan Ketahanan Pangan Tahun Anggaran 2017
PMK No. 173/PMK.05/2016 serta peraturan Menteri Pertanian No. 51/Permentan/RC.110/12/2018 Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2019, tentang Pedoman Umum Pengelolaan dan Peyaluran Bantuan Pemerintah Lingkup Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2019.
Published
2020-12-15
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)