Analisis Karakteristik Individu terhadap Pelayanan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Palu

Title an Analysis of Individual Characteristics of Services at PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Palu Branch

  • Andi Erland Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Awaludin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rukhayati Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Karakteristik Individu dan Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh karakteristik individu terhadap kualitas pelayanan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Palu. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Adapun hasil penelitian diperoleh F-hitung 91,816 > F-tabel  3,9758 dengan tingkat probabilitas 0,000 (signifikan), dengan nilai probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel karakteristik individu berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Palu. Nilai koefisien regresi sebesar 0,703, sementara tingkat signifikasi sebesar 0.000. dengan demikian nilai sig < 0,05 pada taraf kepercayaan 95% diperoleh t-hitung sebesar 9,582 > t-tabel, 1,6666 variabel karakteristik individu berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Palu.

References

Abadylla, Harun Islami. 2011. Pengaruh Lingkungan Kerja Karakteristik Individu dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta IKIP PRGI Jember), Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, VOL. 7, NO. 2, SEPTEMBER: 125-138.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran. Alfabeta. Bandung.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. PT. Prenhallindo, Jakarta.
Komang Mahayanti I Gusti Ayu dan Ayu Sriathi Anak Agung. 2017. Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Situasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6. No. 4. ISSN : 2302-8912. Hal. 2253-2279.

Lee, Haksik, Yongki Le dan Dongketin Yoo. 2000. The Determinants of Percelved Service Quality and Its Relationship with Satisfaction. Journal of Services Marketing. Vol 14. Hal. 217-231.
Mauludin, Hanif. 2010. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1990. Delivering Quality Service : Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York : THE TREE PRESS.
Parasuraman, A, Zeithhaml, Berry. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research, Journal of Marketing, Vol. 49, p. 41 –50.
Rukhayati, Saharudin Kaseng dan Idris. 2011. Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi Terhadap Pengembangan Karir Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Palu. Jurnal PERSEPSI, Edisi No.1/Thn.XV/Januari–Juni Hal. 1-15.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Thoha, Miftah. 2012. Perilaku Organisasi. Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Tjiptono. Fandy. 2016. Service, Quality & Satisfation. Edisi Ke-4 C.V Andi Offset. Yogyakarta.
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Zeithaml et al., 1996. Measuring the quality of relationship in customer service: An empirical study, European. Journal of Marketing.
Published
2020-12-15
Section
Artikel Penelitian