Meningkatkan Kemampuan Mengenal Abjad Anak Kelompok B Melalui Permainan Puzzle

  • Rifka Febriyanti Pampawa Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal abjad di TK Aisyiyah Bustanul Athfal  Uwedikan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah bustanul Athfal Uwedikan yang berjumlah 12 peserta didik berusia 5-6 tahun terdiri dari 6 anak perempuan 6 anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, kegiatan pembelajaran terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskritif yang bersifat kuantitatif. Dari keseluruhan penilaian pada anak saat para tindakan pada aspek mengenal huruf abjad menunjukan 25% peserta didik berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menyebutkan urutan huruf abjad 1 atau 8,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sanggat baik, pada aspek kemampuan menulis huruf abjad belum terdapat atau 0% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik. Pada akhir siklus satu terjadi peningkatan pada aspek mengenal huruf abjad 6 atau 50% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menyebutkan urutan huruf abjad 5 atau 41,6% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menulis huruf abjad 4 atau 33,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik. Hasil kemampuan anak pada akhir siklus II terjadi peningkatan pada aspek mengenal huruf abjad 10 atau 83,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menyebutkan urutan huruf abjad 10 atau 83,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menulis huruf abjad 9 atau 75% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle dapat digunakan terhadap peningkatkan kemampuan anak mengenal huruf abjad di kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Uwedikan.

Published
2023-09-30
Section
Articles