Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kotak Alfabet

  • Sri Amini Fadhila Larau Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Husen Tolleng Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah apakah ikemampuan imengenal ihuruf anak idalam ikelompok iA idapat imeningkat isetelah imenggunakan ipermainan kotak ialfabet idi iTK iABA iLongkoga iTimur. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak didik, dengan 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan  refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif komperatif yaitu imembandingkan inilai iantar isiklus iyang idi iolah idengan menggunakan iperhitungan ipersentase i(%) isesuai idengan irumus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator kemampuan mengenal alfabet pada tahap pra siklus terdapat 6 anak didik atau 60% yang mencapai kategori Mulai Berkembang (MB). Pada akhir siklus I terdapat 6 anak didik atau 60% yang sudah mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada akhir siklus II terdapat 9 anak didik atau 90% yang sudah mencapai kategori Berkambang Sangat Baik (BSB).

Selanjutnya, pada indikator kemampuan mengucap bentuk alfabet dalam tahap pra siklus terdapat 2 anak didik atau 20% yang mencapai kategori Mulai Berkembang (MB). Pada akhir siklus I terdapat 4 anak didik atau 40% yang mulai mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada akhir siklus II terdapat 9 anak didik atau 90% berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Terakhir, indikator kemampuan mengucap alfabet pada tahap pra siklus terdapat 4 anak didik atau 40% berada pada kategori Mulai Berkembang (MB). Pada akhir siklus I, 2 anak didik atau 20% sudah mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 1 anak didik atau 10% sudah mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).  Dan pada akhir siklus II, 9 anak didik atau 90% sudah berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan kotak alfabet dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK ABA Longkoga Timur.

Published
2023-09-30
Section
Articles