Peran Guru Dalam Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Gkst Hosiana Rompo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Perkembangan Kognitif Anak Di TK GKST Hosiana Rompo. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap peran guru dalam perkembangan kognitif anak di TK GKST Hosiana Rompo yang terdiri dari 20 anak. Perkembangan Kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini di peroleh dari sumber data yang di peroleh dari guru-guru yang mengajar di TK tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan peran guru dalam perkembangan konitif anak terlaksana masih kurang baik. Hal ini dapat dilihat ada kegiatan inti guru masih kurang memberikan contoh langkah-langkah dalam melakukan kegiatan perkembangan kognitif anak sehingga dapat mengingat atau mempraktekkannya dengan baik.
Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.