Penerapan Pendidikan Inklusif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Aisyiyah 1 Baolan Kabnpaten Toli-Toli
Abstract
Penerapan ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Penerapan Pendidikan Inklusif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Aisyiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-Toli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek sasaran penelitian ini yaitu kepala sekolah TK Aisyiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-toli, pendidik kelompok B3 TK Aisyiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-toli dan wali murid peserta didik kelompok B3 TK Aisiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-toli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : pendidikan Inklusif sangat penting terhadap perkembangan sosial emosional anak, untuk mendorong anak-anak berinteraksi dengan teman sebaya tanpa memandang perbedaan. Anak-anak dalam pendidikan inklusif lebih cenderung menunjukkan empati, kerja sama, dan kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya secara positif. Selain itu mereka juga lebih mampu mengenali dan mengungkapkan emosi mereka sendiri serta emosi orang lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendidikan inklusif memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak.
Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.