Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu

  • Syamsidar Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Rizal Masdul Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurhaeda Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Roslina Matanel Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Jusmina Liungan Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Negeri Meselesek melalui kegiatan bermain kartu angka bergambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 13 anak kelompok A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan anak mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan kegiatan bermain kartu angka. Pada tahap pratindakan, tidak ada anak yang mencapai kriteria “berkembang sangat baik”. Namun, setelah tindakan pada siklus II, sebanyak 86,86% anak mencapai kriteria tersebut. Media kartu angka bergambar terbukti menarik minat anak, meningkatkan keaktifan, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga berdampak positif terhadap perkembangan kognitif anak, khususnya dalam mengenal lambang bilangan.

Published
2023-01-30
Section
Articles