Meningkatkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Di PAUD Kelompok B TK Plamboyan Sosom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode bermain peran pada kelompok B di TK Plamboyan Sosom. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sosial emosional anak yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya keterlibatan anak dalam kegiatan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 15 anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa dari 15 anak, hanya 5 anak (33%) yang mencapai kategori perkembangan sosial emosional “Berkembang Sangat Baik (BSB)”, sehingga belum mencapai indikator keberhasilan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan, di mana sebanyak 14 anak (93%) mencapai kategori BSB, menunjukkan keberhasilan penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan aspek sosial emosional anak. Anak menunjukkan peningkatan dalam berinteraksi sosial, mengenali dan mengelola emosi, serta berani mengekspresikan diri melalui peran yang dimainkan. Dengan demikian, metode bermain peran terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini.
Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.