SISTEM STIMULASI DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA HATI PALU

Abdul Salam(1*)


(1) Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/eceij.v1i2.515

Abstract


Emosi adalah faktor penting untuk anak usia dini. Anak-anak menggunakan emosinya untuk dapat bertahan hidup. Salah satu faktor dalam perkembangan emosi anak usia dini. Teknik untuk merangsanag tergantung pada pemahaman guru untuk perkem-bangan anak stimulasiitu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana pemahaman guru diimplementasikan dalam teknik stimulasi untuk perkembangan emosi anak sejak dini. Para peserta adalah 30 taman kanak-kanak. Data dikumpul-kan menggunakanwawancara dan membuka pertanyaa. Data dianalisis melalui pendekatan kualitatif menunjukkan bahwa guru memahami perkembangan emosi anak, tetapi cara stimulasi didasarkan pada cara mengatur dan persepsi guru.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, dkk. 2007. Perkembangan dari Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. (Modul 1-9). Jakarta: Universitas Terbuka.

Bakar, Abu. et. All. 2009. Profesi Keguruan. (Surabaya: AprintA.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2008. Alqur’an dan Terjemahnya. Semarang: PT. Kumudasmo-ro Grafindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi VI, Cet.V, Jakarta: Balai Pustaka.

Marno dan Trio Supriyanto. 2008. Manajemen dan

Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: P.T Refika Aditama.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Mencip-takan Pembelajaran Kreatif dan Me-nyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mundir, Sudikin. 2005. Metode Penelitian Membimbing dan Mengantar Kesuksesan Anda dalam Dunia Penelitian. Surabaya: Insane Cendekia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidi-kan, Cet. II, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Sarwono, Wirawan, Sarlito, Dr. 1976. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Tantowi, Jawahir. 2003. Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran al-Qur’an. Jakarta: Pustaka AlHusna.

Tanzeh, Ahman. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas, 2005.

Usman, M. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wibowo, Agus dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin, Martinis. dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Im-plementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.


Article Statistic

Abstract view : 21 times
PDF views : 11 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com