SISTEM STIMULASI DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA HATI PALU
Abstract
Emosi adalah faktor penting untuk anak usia dini. Anak-anak menggunakan emosinya untuk dapat bertahan hidup. Salah satu faktor dalam perkembangan emosi anak usia dini. Teknik untuk merangsanag tergantung pada pemahaman guru untuk perkem-bangan anak stimulasiitu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana pemahaman guru diimplementasikan dalam teknik stimulasi untuk perkembangan emosi anak sejak dini. Para peserta adalah 30 taman kanak-kanak. Data dikumpul-kan menggunakanwawancara dan membuka pertanyaa. Data dianalisis melalui pendekatan kualitatif menunjukkan bahwa guru memahami perkembangan emosi anak, tetapi cara stimulasi didasarkan pada cara mengatur dan persepsi guru.References
Aisyah, Siti, dkk. 2007. Perkembangan dari Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. (Modul 1-9). Jakarta: Universitas Terbuka.
Bakar, Abu. et. All. 2009. Profesi Keguruan. (Surabaya: AprintA.
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2008. Alqur’an dan Terjemahnya. Semarang: PT. Kumudasmo-ro Grafindo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi VI, Cet.V, Jakarta: Balai Pustaka.
Marno dan Trio Supriyanto. 2008. Manajemen dan
Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: P.T Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Mencip-takan Pembelajaran Kreatif dan Me-nyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mundir, Sudikin. 2005. Metode Penelitian Membimbing dan Mengantar Kesuksesan Anda dalam Dunia Penelitian. Surabaya: Insane Cendekia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidi-kan, Cet. II, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.
Sarwono, Wirawan, Sarlito, Dr. 1976. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
Tantowi, Jawahir. 2003. Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran al-Qur’an. Jakarta: Pustaka AlHusna.
Tanzeh, Ahman. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Usman, M. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Wibowo, Agus dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Martinis. dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Im-plementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Copyright (c) 2019 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.