KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DALAM PENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Guru harus mampu menguasai
keilmuan tentang anak, mengelola program belajar mengajar, dan menggunakan media
pembelajaran/teknologi untuk meningkatkan kompetensi profesional. Berdasarkan hal
tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru
PAUD dalam peningkatan kualitas belajar anak usia dini di KB Tunas Bangsa Desa Loli
Pesua Kab. Donggala. Penelitian ini termasuk dalam jenis kualitatif, Teknik pengumpulan
data penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode
wawancara dan metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai kompetensi profesional guru PAUD dalam
peningkatan kualitas belajar anak usia dini di KB Tunas Bangsa Desa Loli Pesua Kab.
Donggala dapat diketahui bahwa menguasai materi, struktur, dan pola pikir keilmuan mata
pelajaran yang di ampuh di lakukan dengan cara mengamati peserta didik dalam menguasai
aspek-aspek penting dari suatu pelajaran dan meningkatkan minat serta perhatian peserta
didik terhadap pelajaran. Penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang
pengembangan yang di ampuh, setiap guru sudah cukup baik dalam melakukan evaluasi
setelah selesai proses pembelajaran. Peran guru juga sangat penting dalam penigkatan
kualitas belajar anak usia dini karena guru tidak hanya mengajar didalam kelas tetapi harus
kreatif dan inovatif dalam segala hal. Selain itu media pembelajaran juga berperan penting
dalam pembelajaran. Faktor pendukung adalah buku penunjang pembelajaran, APE indoor
maupun outdoor yang lengkap, peran guru, peran orang tua, suasana dan kondisi
lingkungan sekolah. dan faktor penghambat adalah orang tua anak yang selalu menjaga
anak – anaknya dari pagi hingga pulang sekolah yang menyebabkan guru tidak leluasa
dalam mengajar, serta tidak ada kemandirian dari anak karena dijaga, serta guru yang
belum terlalu paham mengenai media pembelajaran yang berbasis IT.
References
Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi, (2013). Prosedur
Penelitain, Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Arikunto, S. (2017). Pegembangan
Instrumen Penelitian dan Penilaian
Program. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Hibana S.Rahman (2002). Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Galah.
Ibrahim, “dkk”. (2006). Media
Pembelajaran. Malang:
Laboratorium Teknologi Pendidikan.
Majid, abdul dan Dian Andayani, (2005).
Pendidikan Agama Islam Berbasis
Kompetensi,Bandung:Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa,E. (2007). Standar Kompetensi
Dan Sertifikasi Guru, Bandung:
Remaja Rosadakarya.
Mulyasa,E. (2004). Kurikulum Berbasis
Kompetensi (Konsep Karakteristik
dan Implementasi),Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Rohman, M., Amri, S. (2013). Strategi
dan desain pengembangan system
pembelajaran. Jakarta: Prestasi
pustaka.
Suprihatiningsih, (2016).Kualitas Belajar.
Diakses dari https://media.neliti.com
› media › publications, pada tanggal
14 november 2022 Pukul 21.00.
Susanto, Ahmad, (2017). Pendidikan
Anak Usia Dini (Konsep dan Teori),
(Jakarta:Bumi Aksara.
Suyanto, Slamet, (2005). Dasar – Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini.
Yogyakarta : Hikayat Publishing.
Trianto. (2011). Pengantar Penelitian
Pendidikan Bagi Pengembangan
Profesi Pendidik Dan Tenaga
Kependidikan. Jakarta: Prenada
Media.
Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor
14 Tahun 2005, Pasal 10 Ayat (1).
Uno, B. Hamzah, (2007). Model
pembelajaran. jakarta: PT Bumi
Aksara.
Uno, B. Hamzah, (2010). Model
pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Uno, B. Hamzah, (2010). Perencanaan
pembelajaran. Jakarta: PT Bumi
Aksara.