Mengembangkan Media Tanaman Mangrove Dalam Upaya Menanamkan Cinta Lingkunganpada Anak Usia Dini Di Tk Asiyiyah Kelurahan Kabonga Kecil

Develoving Media Of Mangrove Plantin The Effort Of Loving Environment At The Early Childhood Of Aisyiyah Kindergarten Of Politicalditrict Kabonga Kecil

  • Nurhaeda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Media Tanaman Mangrove, Cinta Lingkungan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) untuk menjelaskan cara mengembangkan media tanaman mangrove pada anak di TK Aisyiyah Kelurahan Kabonga Kecil; (2) untuk menjelaskan upaya menanamkan cinta lingkungan terhadap anak usia dini di TK Aisyiyah Kelurahan Kabonga Kecil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah  anak usia dini dan Objek media tanaman mangrove dalam upaya menanamkan cinta lingkngan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan studi kepespustakaan. Peneliti merupakan istrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisi data adalah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Pengecekan yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan mengunakan trigulasi sumber, perpanjangan pengmatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)  cara mengembangkan media tanaman mangrove, adalah salah satu cara menanamkan cinta lingkungan, mengajak anak sejak dini peduli lingkungan pesisir pantai, memperkenalkan jenis, bentuk, manfaat tanaman mangrove, cara mengembangkan  dan menanam; (2) Upaya menananamkan cinta lingkungan pada anak usia dini di TK Aisyiyah Kelurahan Kabonga Kacil, melalui media tanaman mangrove dengan metode pembelajaran demontrasi, contoh langsung atau keteladanan, bermain, bercerita, dan bernyayi, pentingnya pendidik, orang tua, dan masyarakat dalam menanamkan cinta lingkungan sejak dini pada anak dengan mengajarkan, keteladanan, pembiasaan, dan refleksi.   

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pen-dekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang, S. (2013), Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta:Edisi Per-tama, BPFE.
Departeman Agama RI, (2009). Al-Qur’an Dan Ter-jemahanya. Bandung: CV Diponegoro.
Mawardi, M., Supangkat G., & Miftahulhaq. (2011). Ahlak Lingkungan: Panduan Berprilaku Ramah Lingkungan. Yogyakarta: Kementrian Ling-kungan Hidup Repoblik Indonesia Dan Majelsi Lingkungan Hidup PP Muhammadiya
Metheuw, B. Miles., & A. Micheal, Hubermen. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universita Indonesia (UI-Perss).
Nasution, (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kuali-tatif. Bandung: Tarsito
Rahman, H. S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:PGTKI Press
Saryono, A. (2010). Metodologi penelitian kualitatif da-lam bidang kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pen-dekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ban-dung: Alfabeta
Published
2022-05-15
Section
Orginal Articel