Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Kerja Kelompok Di Kelompok A PAUD Bina Potensi Mandiri

Improving Children's Social Behavior Through Group Work Methods In Group A PAUD Bina Potential Mandiri

  • Muh. Asri Hente Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arsyad Said Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Perilaku sosial anak, Kerja kelompok

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adallah melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan perilaku social anak dalam A PAUD bina potensi mandiri ? dan tujuan penilitian ini adalah meningkatkan perilaku social nak melalui metode kerja dikelompok A PAUD mandiri bina potensi mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kemmis dan mc. Taggrat yang dilakukan secara bersiklus. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan pendekatan deskriktif kualitatif dan kuantitatif yaitu data yang diubah kedalam persentase. Hasil penelitian dalam metode kerja kelompok dapat meningkat perilaku social anak di kelompok A TK bina potensi mandiri. Hal itu terbukti data pra tindakan, aspek mampu bekerjasama, 0% BSB, 29,00% BSH, 80% MB, dan 0% BB. Aspek yang saling tolong menolong, 0% BSB,0%BSH, 73,33% M, dan 26,67%BB. Aspek mampu menghargai teman,0% BSB 0% BSH, 80,00% dan 20,00% BB . setelah digunakan metode kelompok, perilaku social mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Jelas terlihat bahwa persentase yang diperoleh 3 aspek persentase ynag dicapai 15 anak yang menjadi objek penelitian tindakan kelas meningkat perilaku social anak melalui metode kerja kelompok dikelompok A sudah mencapai persentase keberhasilan yang ditentukan oleh peneliti.  

Published
2021-09-15
Section
Orginal Articel