MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA PUZZLE PADA KELOMPOK B TK TUNAS HARAPAN

  • Husnul Khatimah Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kemampuan, Kognitif, Puzzle, Media

Abstract

Permasalahan yang mendasar pada penelitian ini adalah apakah kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui media Puzzle kelompok B di TK Tunas Harapan Lompio Kecamatan Sirenja.Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bahwa media Puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK yang berjumlah Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya.Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindaksebagai observer. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa media Puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan frekuensi dan persentase yang terjadipada kondisi awal dari 15 anak berada pada kategori belum berkembang yaitu 80 % atau 12 anak,  pada siklus I meningkat jadi 7atau (47%) berada kategori mulai berkembang dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 13 anak (87 %)., Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui media Puzzle pada anak kelompok B TK.

 

Published
2018-01-22
Section
Articles