MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM

Haira Haira(1*)


(1) Guru Paud Lestari Lambunu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/eceij.v1i3.1006

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan menganyam  kemampuan motorik halus anak kelompok B TK PGRI Purnama Bambalamotu dapat ditingkatkan. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok B TK PGRI Purnama Bambalamotu. Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 18 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas kelompok B yang bertindak sebagai observer/ pengamat. Berdasarkan Pratindakan rata-rata 11% pada siklus I terjadi peningkatan mencapai rata-rata 33% sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 83% pada kategori  berkembang sangat baik dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menganyam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK PGRI Purnama Bambalamotu.

Kata kunci : motorik halus, menganyam, anak kelompok B


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arends. 2011. Dalam Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke4. Jakarta : Kencana.

Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Badru Zaman, dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Basyiruddin M, dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Ciputat Pers : Jakarta.

Guntur Tarigan. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Hariati, Diah, 1994. Program Kegiatan belajar Taman kanak-kanak. Jakarta : depdikbud.

M Basyiruruddin. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Ciputat Press.

Mohamda Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mudhaffir, Teknologi Instruksional Sebagai Landasan Penerangan dan Penyusunan Program Pengajaran. Bandung : PT : Remaja Rosdikarya Offset, 1999.

Robbin. 2007. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat Hal 22

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, danR&D. Bandung : Alfabeta

Suryabrata. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta

Tarigan, Henry Guntur. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Trianto. 20011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya

Jakarta : Depdikbud.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com